Home Mobil

Hilangkan Karatan Pada Mesin Mobil dengan Ini

Yuk, hilangkah karatan di bagian mesin mobil dengan beberapa bahan ini. Apa sajakah itu? Mari disimak pembahasannya disini!

40
0
SHARE

Rutinlah ganti oli mobil Anda sebelum mobil menunjukkan tanda harus diservis. Harus, kah? Jawabannya tentu harus, sebab jika Anda tidak rajin mengganti oli tersebut, tentu saja bisa mengganggu kinerja komponen mesin mobil Anda. Bahkan, parahnya lagi, mesin mobil malah bisa karatan. Namun, Anda tidak usah khawatir bila mobil mengalami karatan karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya menghilangkan karatan dengan bahan alami. Meskipun jarang yang menggunakan bahan alami ini, tapi tidak ada salahnya kok Anda coba.

hilangkan karatan pada mesin mobil
source : bengkel anti karat

Lalu, bahan alami apa saja yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk hilangkan karatan pada mobil ini? Yuks, disimak!

  1. Cuka. Cairan berwarna bening yang biasa dimanfaatkan untuk menambah keasaman pada makanan ini, ternyata bisa Anda gunakan untuk menghilangkan semua karatan yang menempel pada mesin mobil karena mengandung asam sitrat. Asam inilah yang dapat mengangkat kerak yang ada pada mesin mobil Anda. Caranya juga tidak sulit, Anda tinggal membongkar komponen mesin mobil dengan sangat hati-hati, kemudian rendam di dalam air yang sudah diberi larutan cuka. Diamkan selama satu hingga dua hari, kemudian sikat sampai karatan hilang. Dan terakhir cuci dengan sabun khusus untuk mesin mobil.
  2. Baking soda. Tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk pengembang adonan kue, baking soda juga bisa disulap sebagai bahan untuk memangkas kerak pada mesin mobil. Bagaimanakah caranya? Cukup dengan membersihkan bagian komponen mesin terlebih dahulu, kemudian rendam mesin tersebut di dalam air dengan tambahan baking soda dan diamkan selama beberapa jam. Lalu, Anda bisa langsung menyikat bagian yang berkarat dengan sikat khusus untuk mesin mobil, dan terakhir bilas dengan air sampai bersih.
  3. Lemon. Buah lemon yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh ini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk penghilang karat pada mesin mobil dalam waktu yang cukup singkat. Caranya pun juga tidak sulit, Anda hanya perlu membersihkan komponen mesin mobil kemudian taburkan garam dapur di atasnya. Setelah itu, langsung rendam mesin tersebut ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan perasan air lemon. Diamkan selama beberapa menit ataupun jam, selanjutnya langsung sikat sampai keraknya hilang. Agar semakin bersih mengkilat, maka cuci dengan shampoo dan bilas hingga bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang dipercaya memangkas habis karatan pada komponen mesin mobil Anda. Selamat mencoba, ya! –SH–

LEAVE A REPLY