Home Mobil

Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Mempercepat Rusaknya Komponen Mesin Mobil!

Kebiasaan-kebiasaan ini ternyata dapat mempercepat rusaknya komponen mesin mobil, loh. Apa saja? Yuk, simak!

206
0
SHARE

Meski sudah menggunakan oli mesin terbaik untuk mobil, namun siapa sangka beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan ini ternyata bisa mempercepat kerusakan mesin mobil. Terlihat sepele memang, namun bila terus dibiarkan maka bisa berdampak buruk pada komponen mesin mobil. Oleh karena itu, Anda sangat tidak disarankan melakukannya.

kebiasaan yang mempercepat rusaknya mobil
source : kompas otomotif

Adapun kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut ini, here we go! (source: otospector)

  1. Asal-asalan ketika mengendarai mobil

Kebiasaan berkendara yang asal-asalan ternyata dapat berdampak buruk pada mobil Anda. Misalnya saja, saat mengendarai mobil manual, Anda memindahkan gigi dengan kasar dan lupa menginjak pedal kopling gigi. Melakukan ini tentu dapat merusak komponen mesin kendaraan Anda.

Lalu, mengerem secara mendadak, yang mana melakukan hal ini tak hanya merusak komponen mesin mobil namun juga ban mobil Anda. Untuk itulah, jangan sampai asal-asalan mengendarai mobil.

  1. Terburu-buru saat menstarter mobil

Melansir dari otospector, saat ini, hampir seluruh mobil didukung dengan sistem bahan bakar injeksi serta dilengkapi dengan Check Engine atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) di panel dashboard. Anda pun akan melihat tanda “ON” di dashboard tersebut. Nah, saat ingin menyalakan mobil dan kunci kontak sudah di posisi “ON”, Anda mungkin langsung terburu-buru menyalakan mesin mobil tersebut. Padahal, melakukan ini sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak komponen mesin mobil Anda.

Oleh sebab itu, saat menyalakan mobil, Anda disarankan untuk menunggu sekitar 3-4 detik atau sampai indikator check engine mobil mati. Menunggu sampai indikator mati memberikan waktu sistem injeksi mobil menerima data dari seluruh komponen dan menghindari rusaknya komponen mesin mobil.

  1. Tidak mematikan lampu mobil saat mesin mobil sudah dalam keadaan mati

Anda mungkin kerap lupa mematikan lampu mobil setelah digunakan dan langsung mematikan mesin mobil. Iya, kan? Nah, tahukah Anda, tidak mematikan lampu mobil tapi sudah mematikan mesin mobil malah bisa mempercepat kerusakan.

Hal ini karena lampu mobil yang belum dimatikan akan menyedot cadangan energi aki meski mesin mobil dalam keadaan mati sekalipun. Jika energi aki ini habis, tentu akan menyulitkan Anda menyalakan mesin mobil kembali. Karena itu, jangan langsung mematikan mesin mobil sebelum mematikan lampu mobil tersebut.

So, apakah Anda melakukan beberapa kebiasaan-kebiasan yang sudah dituliskan di atas? Jika ya, jangan lakukan lagi karena akan mempercepat rusaknya mesin mobil Anda! –SH–