Home Apartemen

Cegah Kebakaran di Rumah dengan Melakukan Ini!

Ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah. Simak, yuk!

162
0
SHARE

Saat kebakaran terjadi, tak hanya isi rumah saja yang hangus terbakar tetapi juga bangunannya. Kondisi seperti ini tentu akan merugikan pemilik rumah tersebut. Sekalipun rumah sudah dilengkapi dengan asuransi kebakaran rumah, namun kejadian kebakaran ini tentunya tidak bisa dihindari.

cegah kebakaran di rumah
source : fimela

Untuk itu, supaya Anda tidak mengalami kejadian tersebut, alangkah baiknya cegah kebakaran dengan melakukan beberapa hal penting berikut ini, di antaranya:

  1. Jauhkan barang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak. Simpanlah barang maupun peralatan yang mudah terbakar di tempat yang aman, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Misalnya , pemantik, lilin, korek api, peralatan elektronik, dan lain sebagainya. Seperti yang kita ketahui, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan kerap mengabaikan bahaya yang mungkin terjadi ketika mereka memainkan benda-benda tersebut.
  2. Awasi penggunaan api di rumah. Anda mungkin pernah melakukan kesalahan, meletakkan lilin di dekat tirai jendela? Atau membiarkan puntung rokok menyala dan ditinggalkan begitu saja? Tindakan-tindakan tersebut bisa sangat merugikan, lantaran bisa memicu kebakaran yang Oleh sebab itu, awasi penggunaan api di rumah Anda agar tidak menimbulkan dampak merugikan pada rumah maupun Anda sendiri pemilik rumah.
  3. Pakai barang elektronik sesuai dengan prosedur. Pastikan peralatan eletronik yang ada di rumah digunakan sesuai dengan prosedur, terutama peralatan-peralatan yang memanfaatkan listrik. Jangan menyambung listrik secara paralel karena bisa memicu hubungan arus pendek dan menyebabkan Jangan juga menyalakan peralatan elektronik terlalu lama karena bisa menyebabkan overheating, yang lagi-lagi dapat mengakibatkan hubungan arus pendek.

Selain yang sudah dituliskan di atas, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Membeli alat pemadam api.
  • Memasang alat pendeteksi asap.
  • Menyimpan barang-barang berharga di tempat yang tahan api.

Semoga bermanfaat!