Home Kesehatan

Cara Menghilangkan Rasa Nyeri dengan TENS

Mau menghilangkan rasa nyeri di otot atau sendi? Yuk, coba terapi tens yang dapat membantu mengurangi nyerinya!

517
0
SHARE

Ketika seseorang menderita suatu penyakit, pasti tubuh atau bagian tertentu pada tubuh akan terasa sakit atau nyeri. Rasa nyeri adalah pengalaman sensorik dan emosional yang tidak nyaman dan mengganggu karena berkaitan dengan kerusakan jaringan atau yang berpotensi merusak jaringan. Untuk menganggulangi rasa nyeri ini, maka salah satu solusinya adalah dengan melakukan terapi TENS.

terapi
source : POPMama

Terapi jenis ini bisa digunakan untuk alternatif menghilangkan rasa nyeri tanpa ada bantuan obat penghilang nyeri lainnya, yang mungkin akan berdampak buruk jika sering dikonsumsi.

Apa itu TENS?

TENS atau Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation adalah salah satu modulitas atau teknik fisioterapi yang berguna untuk menghilangkan rasa nyeri dengan mengirimkan impuls listrik bervoltase rendah melalui elektroda berbentuk vacum yang ditekan pada daerah nyeri.

Alat ini bekerja dengan mengaktivasi serabut saraf, baik yang berdiameter besar ataupun kecil, yang kemudian akan menyampaikan berbagai informasi sensori ke sistem saraf pusat. Hal ini dapat mengurangi kemampuan saraf dalam menyampaikan sinyal nyeri menuju otak dan saraf tulang belakang, sehingga rasa nyeri akan berangsur berkurang.

Alat terapi ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri otot atau sendi dengan menempelkan alat dan menerapkan stimulasi saraf listrik pada permukaan kulit area yang terasa nyeri. Maka alat ini akan bekerja dengan memblokir pesan rasa sakit dan memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak endorphin dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

TENS adalah jenis terapi aman yang dapat dikendalikan. Kamu bisa mengontrol intensitas, durasi, dan frekuensi arus listrik dari tombol kendali yang ada pada alat TENS. Secara umum, terapi TENS bisa dilakukan selama 15 menit dengan menggunakan arus listrik berfrekuensi 10-50 Hz.

Keunggulan Terapi Nyeri dengan TENS

TENS adalah salah satu solusi untuk menghilangkan rasa nyeri tanpa menggunakan obat-obatan. Terapi ini juga sangat efektif digunakan dan mampu mengatasi dan mencegah rasa nyeri kambuh lagi.

Mengutip dari lama hellosehat.com, TENS bermanfaat untuk mengatasi dan mengurangi keluhan nyeri akibat:

  • Rasa nyeri karena peradangan otot atau bantalan sendi
  • Mengurangi rasa nyeri akibat persalinan dan operasi
  • Rasa nyeri akibat cedera pada saraf tulang belakang dan cedera yang diakibatkan olahraga
  • Rasa nyeri karena sakit kanker
  • Rasa nyeri pada sendi, leher, dan punggung
  • Multiple sclerosis, osteoporosis, dan fibromyalgia, hingga
  • Nyeri karena mensturasi atau endometriosis

Terapi ini sangat mudah dilakukan dan pasien tidak perlu melakukan persiapan khusus sebelum diterapi. Selain itu, pasien bisa melakukan terapi ini secara mandiri di rumah, selama pasien memahami titik tubuh yang akan dipasangkan elektroda.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan TENS?

Terapi ini bisa dijalani oleh orang dewasa yang menderita nyeri sendi dan otot. Adapun yang tidak dianjurkan untuk menggunakan TENS adalah ibu hamil, anak-anak, dan orang yang menggunakan implan elektronik atau perangkat logam. Sebelum menjalani terapi ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar mendapatkan arahan yang jelas sesuai dengan penyakit yang kamu derita.