Home Food & Culinary

Cappuccino dan Latte, Apa Bedanya?

Apakah cappuccino dan latte itu berbeda? Yuk, kita cari tahu jawabannya di artikel berikut!

307
0
SHARE
beda cappuccino dan latte
source : majalahotten

Varian kopi espresso yang paling banyak diminati adalah cappuccino dan latte. Bagi orang awam, keduanya mungkin tak ada bedanya. Sebab, secara penampilan dalam sajian dingin di kemasan cup dari kedai-kedai kopi franchise, keduanya tampak sama. Namun, sebetulnya jika mau memerhatikan dengan jeli, akan terlihat perbedaan komposisi warna dari kedua minuman ini.

Bahan dasar Cappuccino dan Latte

Pada dasarnya, kedua jenis minuman ini terbuat dari bahan yang sama, yakni kopi espresso dan susu. Yang membedakan keduanya hanyalah komposisi serta proses pengolahan susu yang dicampurkan ke dalam shot espresso. Di tangan seorang baristalah perbedaan keduanya terasa nyata.

Cappuccino

Dalam situs salah satu chain kedai kopi terbesar di dunianya, Starbucks mendeskripsikan cappuccino sebagai minuman kaya espresso yang dilapisi oleh lapisan busa tebal yang halus. Sehingga, cita rasa yang dihasilkan adalah aroma kopi yang kuat. Cappuccino terdiri dari satu shot espresso, sedikit susu stim, serta banyak susu yang sudah diolah menjadi foam.

Kunci pengolahan cappuccino terletak pada tekstur dan suhu dari susu yang digunakan. Sebab, susu yang digunakan untuk lapisan cappuccino akan diolah menjadi foam terlebih dahulu sebelum dituangkan ke shot espresso. Sehingga, suhu yang tepat dibutuhkan untuk menghasilkan foam tersebut.

Latte

Di lain sisi, latte deskripsikan sebagai minuman yang kental atau creamy dan tidak terlalu memiliki cita rasa kopi. Sebab, latte terdiri dari satu shot espresso, banyak susu stim, serta sedikit susu yang sudah diolah menjadi foam.

Jika olahan susu pada cappuccino dituangkan satu per satu di atas shot espresso, maka olahan susu stim pada latte diadon bersama dengan shot espresso sebelum kemudian dituangkan dengan sedikit susu yang sudah diolah menjadi foam.

Hmm, ternyata kunci utama pembeda kedua varian espresso ini terletak pada jumlah susu yang digunakan. Makanya, jika diperhatikan dengan saksama, warna putih dalam cup latte cenderung lebih banyak daripada warna putih dalam cup cappuccino. Hal ini disebabkan oleh adonan busa atau foam yang berasal dari susu.

Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah bisa membedakan cappuccino dan latte? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!