Home Kecantikan

Bisakah Bercak Hitam Pada Wajah Dihilangkan?

Bisakah bercak hitam di wajah dihilangkan? Cari tahu jawabannya di artikel berikut!

120
0
SHARE

Bercak hitam (atau juga dikenal dengan hyperpigmentation) pada wajah bisa hadir karena beberapa hal. Melansir laman Healthline, penyebab utamanya adalah bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau perubahan hormonal. Memang tanda-tanda hyperpigmentation ini bisa ‘hilang’ ketika kamu mengaplikasikan foundation lokal bagus sebelum keluar rumah. Namun, jejak-jejak hitam tersebut akan hadir kembali saat kamu membersihkan sisa makeup di wajahmu.

menghilangkan bercak hitam
source : selabeauty

Lalu, bisakah bercak hitam pada wajah dihilangkan sepenuhnya? Simak ulasan dalam artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Macam-macam perawatan untuk hilangkan bercak hitam di wajah

David E. Bank, MD, seorang dokter di New York-Presbyterian Hospital, dalam situs Healthline mengungkapkan ada beragam krim dan serum wajah yang dapat digunakan seseorang untuk membantu meringankan, mencerahkan, dan mengurangi bercak hitam pada wajah dari waktu ke waktu. Contohnya adalah krim dan serum dengan kandungan hydroquinone.

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bercak hitam pada wajah adalah menggunakan produk dengan kandungan retinoid ataupun perawatan laser dan pengupasan (lapisan kulit). Meski begitu, penggunaan produk-produk kimiawi ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter atau ahli kecantikan. Jadi, ketiga cara ini bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi klinik kecantikan atau dokter spesialis kecantikan.

Gunakan tabir surya

Nah, kalau kamu keberatan untuk mengunjungi klinik kecantikan atau dokter spesialis kecantikan, kamu bisa menggunakan tabir surya (sunscreen) secara rutin. Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu penyebab bercak hitam pada wajah adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Oleh sebab itu, solusi pertama untuk menghilangkannya adalah dengan memakai tabir surya ketika ingin keluar rumah maupun ketika di dalam rumah (jika ada paparan sinar matahari langsung).

Lembaga American Academy of Dermatology (AAD) dalam situs Medical News Today menyarankan semua orang untuk memakai tabir surya dengan ketentuan berikut:

  • Memiliki minimum kadar SPF 30,
  • Dapat melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB, serta
  • Bisa tahan air.

Sebagai tambahan, penggunaan tabir surya yang benar sebetulnya tidak hanya pada bagian wajah melainkan juga seluruh tubuh dan senantiasa sepanjang tahun. Dengan melakukan ini, niscaya bercak hitam pada wajah bisa menghilang secara perlahan. Selain itu, kulit pun bisa terhindar dari bahaya sinar ultraviolet.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan bercak hitam pada wajah. Silakan mulai menerapkan kiat, ya. Semoga artikel di atas bermanfaat.