Home Makanan

Beberapa Varian Sate yang Dijual di Indonesia

Berikut beberapa varian sate yang di jual di negara Indonesia. Disimak, yuks!

210
0
SHARE

Sate, salah satu makanan khas negara Indonesia yang terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, dan dibuat dengan cara di tusuk di sebuah lidi dan dibakar di atas bara api yang sangat panas. Makanan yang bernama sate ini, tidak hanya disukai oleh masayarakat yang tinggal di negara Indonesia saja, tapi orang luar negeri yang pernah tinggal maupun berlibur di negara Indonesia ini pun sangat menyukai sekali makanan sate ini. Harga yang murah sekaligus cara pembuatannya yang sangat gampang dan mudah ditemukan di internet hanya dengan menggunakan paket internet cepat dan murah, membuat makanan yang satu ini sangat banyak sekali peminatnya di dunia.

Berbicara mengenai sate, ternyata di Indonesia sendiri terdapat banyak varian sate yang dijual di beberapa daerah, dan memiliki cita rasa yang sangat berbeda di setiap masing-masing daerahnya. Berikut kami sajikan beberapa varian sate yang di jual di negara Indonesia. Disimak, yuks!

  • Sate Padang
sate padang
sate padang

Sate Padang adalah salah satu jenis sate yang berasal dari Sumatera Barat, yang terbuat dari jeroan, daging sapi, dan kambing. Biasanya, sebelum dibakar daging yang digunakan untuk Sate Padang ini, direbus dan diberi berbagai macam bumbu terlebih dahulu. Sate Padang sendiri bercita rasa sangat khas dan kuahnya berwarna kuning, yang terbagi menjadi dua jenis yaitu Sate Padang Pariaman dan Sate Padang Panjang.

  • Sate Madura
sate madura
sate madura

Berasal dari Madura, sate yang satu ini sangat banyak sekali peminatnya di Indonesia. Sate yang dibuat dari daging kambing dan ayam ini, identik dengan bumbu kacang yang ditaburi dengan kecap manis dan diberi bawang goreng. Sate yang sangat enak ini, biasanya dimakan dengan nasi, lontong, dan ketupat. Untuk menambah cita rasa yang sangat enak, terkadang Sate Madura ini ditambah dengan acar yang dilengkapi dengan mentimun, irisan bawang, dan cabe rawit.

  • Sate Lilit
sate lilit
sate lilit

Sate yang bisa ditemukan di pulau Dewata Bali ini, dibuat dengan cara dicincang lalu diletakkan di sebuah bambu berbentuk pipih. Daging cincang yang dipakai untuk Sate Lilit ini berasal dari daging sapi, ayam, ikan, babi, dan kura-kura. Setelah dihancurkan, selanjutnya daging cincang dicampur dengan berbagai macam bumbu seperti santan kental, kelapa parut, jeruk nipis, merica, dan bawang merah.

  • Sate Maranggi
sate maranggi
sate maranggi

Buat yang sedang berlibur di Cianjur, Bandung, dan Purwakarta jangan pernah lupa untuk mencicipi Sate Maranggi. Sate Maranggi merupakan sate yang dibuat dengan bumbu khusus seperti tepung ketan dan kecombrang. Kecombrang digunakan untuk menambahkan aroma dan cita rasa yang sangat khas. Sama dengan sate lainnya, Sate Maranggi juga dihidangkan dengan nasi putih dan ketan.

  • Sate Ambal
sate ambal
sate ambal

Sate Ambal terdapat di daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Sate Ambal ini identik dengan daging ayam kampung, yang diberi bumbu yang terbuat dari tempe tumbuk dicampur dengan cabai. Sebelum dijadikan sate, ayam yang digunakan untuk Sate Ambal ini, direndam terlebih dulu hingga dua jam agar bumbunya meresap, dan dimakan dengan lontong dan ketupat.

Hmm, kamu yang tinggal di Indonesia, sudah pernah belum merasakan semua varian sate yang dijual di Indonesia? –SH–