Home Kesehatan

Beberapa Makanan Ini Aman untuk Penderita Sakit Maag

Ini dia beberapa makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita sakit maag!

190
0
SHARE
makanan sehat untuk penderita maag
source : hellosehat

Bagi penderita sakit maag, tentu harus selalu berhati-hati saat mengonsumsi makanan. Bagaimana tidak, jika salah sedikit dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi maka dapat memicu munculnya sakit maag. Untuk itulah, untuk kamu yang menderita kondisi ini, kamu sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan maupun cemilan sehat yang bisa dikonsumsi ketika sarapan. Berikut ini merupakan beberapa makanan tersebut, check it out:

  1. Bubur. Pastikan, kamu tidak melewatkan sarapan pagi, ya! Sebab dengan sarapan pagi akan membuat lambungmu bekerja lebih optimal sehingga tidak akan menimbulkan rasa mual di siang harinya, terlebih untuk kamu yang mengidap sakit maag. Nah, salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi di pagi hari ini adalah seperti bubur. Bubur dianggap sangat bagus untuk seorang penderita sakit maag karena termasuk ke dalam kategori makanan lunak sehingga tidak akan menyiksa lambungmu. Agar lebih enak, maka tambahkanlah telur rebus maupun kecap asin, dan usahakan tidak menambahkan suiran ayam goreng ataupun jeroan karena kedua makanan ini sulit untuk dicerna pencernaan.
  2. Oatmeal. Selain bubur, kamu juga bisa mengonsumsi oatmeal yang sekarang sudah bisa ditemukan dengan mudahnya di Supermarket. Oatmeal merupakan makanan olahan yang terbuat dari gandum asli dan sangat bagus untuk kesehatan, terutama lambung. Oatmeal kaya akan kandungan serat alami, karbohidrat, protein, sodium, lemak baik sehingga dipercaya mampu meredakan rasa sakit yang muncul di perutmu akibat sakit maag. Cocok banget nih dimakan pas sarapan! Namun demikian, mungkin kamu agak rancu antara granola atau oatmeal karena bentuknya yang nyaris serupa. Akan tetapi, alih-alih mengonsumsi granola, sebaiknya lebih pilih oatmeal saja ya karena granola tak selamanya menyehatkan.
  3. Mashed Potato. Kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan satu ini, kan? Yap, mashed potato adalah salah satu cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi dan bagus untuk kesehatan lambungmu. Ini bukan tanpa alasan, kentang memiliki sifat basa sehingga ampuh untuk menetralkan asam lambung. Di samping itu, kentang juga mengandung karbohidrat cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama jika dibandingkan mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

Tidak hanya makanan di atas, kamu pun bisa mengonsumsi makanan jenis lainnya, seperti;

  • Buah pisang dan pepaya
  • Biskuit jahe
  • Salad sayuran tanpa mayonnaise
  • Bubur kacang hijau
  • Air kelapa muda, dan sebagainya.

Itu beberapa makanan yang dipercaya sangat aman jika dikonsumsi oleh penderita sakit maag. Semoga bermanfaat, ya! –SH–