Home Asuransi

Asuransi Rumah Tinggal, Penting atau Tidak?

Pentingkah memiliki asuransi rumah tinggal? Yuk, mari kita cari tahu jawabannya di artikel berikut!

187
0
SHARE

Agar rumah aman dan terhindar dari berbagai risiko, banyak penghuni yang mengasuransikan rumah mereka dengan asuransi rumah tinggal. Yap, membuat asuransi untuk rumah memang memberikan banyak keuntungan untuk penghuni, seperti mendapatkan jaminan apabila rumah rusak saat terjadi bencana dan masih banyak keuntungan lainnya.

asuransi rumah tinggal
source : futuready

Lantas, pentingkah memiliki asuransi rumah tinggal tersebut?

Sebelum membahas penting atau tidaknya asuransi untuk rumah, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui pengertian dari asuransi tersebut. Nah, asuransi rumah tinggal sendiri merupakan salah satu produk asuransi yang akan menanggung kerugian yang ditimbulkan akibat terjadi kerusakan karena bencana alam, tindak pencurian, kebakaran, tanah longsor, dan sebagainya. Asuransi ini terdiri atas dua bagian, yakni; (source: cermati.com)

  • Property All Risk, merupakan jenis asuransi yang bersifat unnamed perils, di mana memberikan jaminan pada rumah yang rusak akibat adanya pemogokan, kerusuhan, perbuatan jahat, huru hara, bencana alam, tanah longsor, pergerakan tanah, dan sebagainya. Biasanya, asuransi ini tidak akan memberikan jaminan untuk rumah yang rusak karena terorisme, perang, kerusakan mekanik, kesengajaan, dan lainnya.
  • PSAKI. PSAKI atau dikenal dengan polis standar asuransi kebakaran Indonesia adalah jenis asuransi yang memberi tanggungan kepada rumah yang disambar petir, kebakaran, kejatuhan pesawat, tanah longsor, business interruption, bencana alam, dan lain sebagainya.

Apabila Anda berencana membuat asuransi ini, maka ada beberapa tips yang bisa jadikan panutan, seperti:

  1. Pilih perusahaan asuransi terpercaya. Ketika Anda memutuskan membuat asuransi untuk rumah, maka pastikan memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Haruskah? Yap, karena jika Anda memilih asuransi yang asal, takutnya nanti malah merugikan Anda di kemudian hari. Untuk itu, jika Anda memiliki keinginan untuk membuat asuransi, carilah perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik.
  2. Pahami isi polis asuransi. Pada saat membuat asuransi, pahami betul isi polis asuransi yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan asuransi. Ini cukup penting dilakukan agar tidak terjadi masalah setelah asuransi selesai dibuat dan sekaligus tidak akan merugikan Anda.
  3. Ambil premi yang sesuai dengan kemampuan. Pilihlah premi asuransi yang sesuai dengan kemampuan. Tujuannya, agar pembayaran premi tersebut tidak memberatkan Anda nantinya. Dengan begini, tentu Anda pun tidak akan kesulitan, bukan?

Nah, setelah mengetahui penjelasan tersebut, mari kita jawab penting atau tidak memiliki asuransi rumah tinggal? Jawabannya tentu penting karena dengan adanya asuransi jenis ini akan memberikan perlindungan terhadap rumah Anda. So, tunggu apalagi, yuk buat asuransi untuk rumah Anda!