Home Mobil

Agar Ban Mobil Tetap Awet, Coba Lakukan Ini!

Supaya ban mobil awet, Anda bisa melakukan beberapa hal penting berikut, cek deh!

171
0
SHARE

Ban merupakan salah satu komponen yang harus ada pada kendaraan karena memiliki peran dalam menyeimbangkan kendaraan saat berada di atas permukaan tanah. Tidak hanya itu, ban juga bermanfaat untuk mengurangi getaran akibat ketidakteraturan jalan sehingga kendaraan pun tetap stabil ketika dikendarai di jalan yang kurang mulus. Namun demikan, apakah Anda rutin mengecek dan merawat ban mobil ini? Jika tidak, mulai sekarang rutinlah mengeceknya dan jika kurang paham langsung bawa ke bengkel terdekat dan lakukan service mobil.

tips merawat ban mobil
source : autoshowry

Nah, agar ban mobil tetap awet dan tidak cepat rusak, cobalah melakukan beberapa hal penting berikut ini, check this out:

  1. Menukar posisi ban secara berkala. Agar ban mobil tidak rusak, pastikan untuk rutin menukar posisi ban secara berkala. Tujuan dilakukan ini adalah agar ban mobil tidak mudah aus dan menimbulkan masalah di kemudian hari. Umumnya, ban mobil bagian depan lebih cepat aus dibandingkan ban belakang karena ban ini kerap digunakan untuk berbelok maupun menghentikan laju kendaraan. Waktu terbaik untuk menukar posisi adalah jika jarak tempuh sudah mencapai 5.000 kilometer.
  2. Mengecek tekanan angin pada ban. Jangan sampai lupa untuk selalu mengecek tekanan angin pada ban sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Ini cukup penting dilakukan sebab jika tekanan angin pada ban mulai berkurang, maka dapat mengakibatkan ban cepat rusak dan performanya menjadi menurun. Namun, patut diingat, baiknya ketika mengisi ulang angin mobil jangan sampai full, takutnya nanti malah mobil berguncang dikendarai.
  3. Periksa kondisi ban secara rutin. Rutinlah memeriksa kondisi ban mobil. Apakah wajib? Tentu sangat wajib, lantaran saat Anda mengendarai mobil secara otomatis kotoran maupun lumpur tentu menempel, jika ini tidak dicek ulang dan dibiarkan lama nantinya ban malah berkarat dan susah untuk dibersihkan. Oleh karena itu, setelah bepergian periksa ulang kondisi ban mobil Anda dan jika perlu langsung siram kotoran yang menempel pada ban.
  4. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan di mobil. Sebenarnya membawa banyak barang dalam mobil memang tidak dilarang, akan tetapi Anda harus mengontrolnya. Mengapa? Yap, hal ini karena terlalu banyak membawa barang bisa mengakibatkan ban mobil menjadi cepat aus loh sebab ban menanggung beban berat dari barang tersebut. Jika Anda tidak mau mengalami kejadian ini, maka kontrollah barang bawaan yang dibawa.

Itulah cara mudah yang bisa diterapkan agar ban mobil tetap awet. Selamat mengaplikasikan! –SH–