Home Handphone

Agar Aman, Lakukan Hal Ini Saat Memakai Wifi Umum!

Ini, tips menggunakan wifi di tempat umum!

212
0
SHARE
wifi
wifi

Menggunakan wifi umum yang tidak mengharuskan Anda untuk membayar uang ketika memakainya, memang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan wifi umum yang bisa digunakan kapanpun ini, Anda tidak perlu lagi membuang paket internet yang sudah Anda pasang sebelumnya di merk handphone terbaik. Meskipun demikian, tetapi saat menggunakan wifi umum ini, Anda perlu berhati-hati loh. Mengapa? Ya, hal ini lantaran sekarang ini sudah banyak hacker yang bisa menyusupi aplikasi yang terdapat di dalam handphone pintar Anda. Bahkan, informasi yang Anda anggap penting pun bisa saja dicuri oleh orang para hacker yang tidak bertanggung jawab.

Nah, supaya kejadian yang seperti ini tidak terjadi pada Anda dan supaya tetap aman ketika memakai wifi umum, Anda perlu melakukan beberapa hal yang ada di artikel ini. Disimak langsung, yuks!

  1. Menanyakan nama wifi yang digunakan kepada pihak pemberi wifi. Agar semua informasi yang terdapat di dalam handphone Anda tidak dicuri oleh para hacker, ada baiknya Anda menanyakan nama wifi yang Anda gunakan kepada pihak pemberi wifi atau penjual. Dengan begini, tentu saja Anda data maupun informasi yang ada di dalam handphone Anda tidak akan bisa dicuri oleh hacker.
  2. Tidak mengakses aplikasi yang sangat sensitif. Maksudnya, ketika Anda menggunakan wifi umum yang terdapat di berbagai tempat yang Anda datangi, sebaiknya Anda jangan mengakses aplikasi yang sangat sensitif dengan serangan siber. Misalkan, ketika Anda mengunjungi sebuah restaurant yang menawarkan wifi gratis, maka Anda jangan pernah untuk mengakses aplikasi kartu kredit, email, situs belanja online, layanan perbankan, dan sebagainya yang terdapat di dalam handphone Anda, disebabkan aplikasi sangat mudah ditelusuri oleh hacker.
  3. Menghindari perangkat yang terhubung secara otomatis ke wifi umum. Supaya perangkat maupun informasi di dalam handphone Anda tetap aman, seharusnya Anda menghindari perangkat yang terhubung secara otomatis dengan wifi umum. Dengan artian, Anda harus mengatur ulang perangkat secara manual apabila Anda menggunakan wifi umum. Dan, setelah memakai wifi umum ini, Anda harus menekan tombol forget agar perangkat Anda tidak dapat disusupi oleh para hacker.
  4. Menggunakan situs https. Ketika Anda memanfaatkan wifi umum, alangkah baiknya Anda memakai situs https untuk membuka media sosial yang akan Anda gunakan. Dengan menggunakan situs https ini, Anda pun akan sangat aman dengan semua hal buruk yang dilakukan oleh hacker.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan, ketika hendak menggunakan wifi umum. Semoga bermanfaat! –SH–