Home Properti

7 Bahan Material yang Harus Buru-buru Disiapkan Saat Membangun Rumah

Ini dia bahan material yang kerap dijadikan sebagai bahan utama membangun rumah!

104
0
SHARE
bahan material membangun rumah
source : mpi-update

Tentunya Anda harus sudah menyiapkan rencana yang matang jika ingin membangun rumah. Buatlah rencana pembangunan rumah dengan langkah-langkah yang tepat. Misalnya, dahulukanlah membeli bahan material yang penting sebelum membeli bahan material seperti kusen UPVC yang masih bisa dipasang belakangan. Nah, material apa sajakah yang paling penting dipersiapkan terlebih dahulu? Ini dia!

  • Batu bata merah

Yang pertama adalah batu bata merah. Harga batu bata merah ini memang cukup mahal. Jadi, ada beberapa orang yang lebih memilih bahan pengganti seperti batako. Namun, tentunya batu bata merah lebih kuat.

  • Semen

Untuk menyusun batu bata dan merekatkannya, dibutuhkan semen. Semen juga dapat berfungsi sebagai perekat material lain seperti keramik pada lantai. Jadi, pastikan Anda telah menyediakan semen yang cukup.

  • Pasir

Agar lebih kuat, campuran semen biasa dicampur dengan pasir. Campuran pasir dapat membentuk butiran yang tajam dan lebih kuat untuk merekatkan batu bata atau pondasi.

  • Besi beton

Besi beton berfungsi sebagai rangka konstruksi rumah yang nantinya diisi dengan adonan semen dan pasir. Ada berbagai macam ukuran besi beton; mulai dari 10 mm hingga 12 m. Pastikan Anda menyediakan ukuran yang dibutuhkan untuk membuat konstruksi rumah Anda.

  • Kayu

Kayu juga kerap dibutuhkan untuk mendirikan kerangka rumah. Jika Anda memiliki bujet lebih, pastikan untuk memilih kualitas kayu yang terbaik. Biasanya kayu yang baik adalah yang kandungan airnya tak lebih dari 20% karena tidak mudah lapuk.

  • Triplek

Triplek juga penting disediakan sejak awal membangun rumah. Triplek biasanya digunakan untuk sekat ruangan atau penutup langit-langit rumah.

  • Genteng

Setelah strukur rumah terbangun kokoh, tentunya Anda harus menyiapkan genteng. Ada banyak model dan jenis genteng yang bisa Anda pilih. Jenis genteng yang umum digunakan adalah genteng tanah liat. Namun, pada kebanyakan rumah minimalis, genteng beton atau keramik juga cocok untuk digunakan. Bahkan jika Anda ingin cahaya alami masuk ke ruangan, pada beberapa bagian Anda bisa menggunakan genteng kaca. (Source: dekoruma)

Kurang lebih, itulah beberapa material yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu saat membangun rumah. Semoga membantu! (Rima)