Home Properti

3 Jenis Alat Pemadam Kebakaran dan Kegunaannya

Ini tiga jenis alat pemadam yang digunakan untuk mematikan api pada saat terjadi kebakaran.

306
0
SHARE

Selain air, alat paling ampuh yang digunakan untuk memadamkan api pada saat terjadinya sebuah kebakaran adalah alat pemadam kebakaran. Yup, dengan adanya alat pemadam ini, tentu saja akan semakin mempermudah pekerjaan ketika mematikan api apabila terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kompor maupun korsleting listrik dan benda lainnya di rumah. Itulah mengapa mengetahui cara merawat alat pemadam api penting, agar alat ini selalu siap digunakan kapanpun dibutuhkan. Tidak hanya memudahkan pekerjaan, digunakannya alat pemadam kebakaran ini untuk mematikan api, maka Anda yang sudah memiliki asuransi kebakaran pun tidak perlu lagi repot harus menelepon pihak asuransi jika terjadi kebakaran di dalam rumah.

alat pemadam kebakaran
alat pemadam kebakaran

Namun, untuk alat pemadam kebakaran ini sendiri memiliki beberapa jenis loh, dan sangat wajib sekali untuk Anda ketahui agar nantinya tidak bingung saat menggunakannya untuk memadamkan api yang semakin berkobar. Apa sajakah alat pemadamnya? Berikut ini diantaranya:

  1. Alat pemadam kebakaran water. Alat pemadam kebakaran water merupakan sebuah alat pemadam yang di dalamnya berisikan air berkekuatan tinggi. Biasanya, alat pemadam berjenis ini cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran dengan kelas A. Dimana, dapat mematikan kebakaran yang disebabkan oleh kain, kertas, plastik, karet, dan sebagainya. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda tidak menggunakan alat pemadam jenis ini untuk kebakaran tipe C yang disebabkan oleh instalasi listrik, dikarenakan tingginya tekanan yang diberikan.
  2. Alat pemadam kebakaran foam. Alat pemadam kebakaran berjenis foam ini terbuat dari campuran bahan kimia yang dapat membentuk banyak busa. Busa yang disembur oleh alat pemadam kebakaran jenis foam ini, mampu menutupi api yang terbakar sehingga tidak akan membuat masuknya oksigen ke dalam barang yang terbakar. Selain dapat membakar bahan berjenis non logam, alat pemadam kebakaran yang satu ini pun bisa membakar benda cair yang sifatnya mudah terbakar. Contohnya saja; alkohol, bensin, oli, solar, cat, solvent, dan lainnya.
  3. Alat pemadam kebakaran dry chemical powder. Selain pemadam kebakaran dengan jenis air dan busa, ada lagi nih alat pemadam kebakaran jenis lain yang digunakan untuk memadamkan api ketika kebakaran dengan nama dry chemical powder. Dry chemical powder adalah serbuk kering dari bahan kimia yang dikombinasi antara ammonium sulphate dan mono ammonium. Serbuk kering ini dimanfaatkan untuk menahan oksigen semakin memperparah terjadinya kebakaran pada suatu barang. Sehingga, alat pemadam kebakaran jenis ini dapat digunakan untuk kebakaran berjenis A, B, C.

Sudah pada tau kan sekarang, berbagai jenis alat pemadam kebakaran yang digunakan untuk mematikan api jika terjadi kebakaran. –SH–