Home Food & Culinary

Tips Menyimpan Sayuran dan Buah di Kulkas Agar Awet

Yuk, ikuti tips ini ketika menyimpan sayuran dan buah-buahan di kulkas supaya tetap awet!

72
0
SHARE

Salah satu fungsi kulkas adalah untuk menyimpan bahan makanan agar umurnya bisa bertahan lebih lama. Terutama untuk makanan segar seperti sayuran dan buah, supaya tidak cepat busuk. Tapi, banyak juga loh ternyata yang mengeluhkan bahan makanan mereka tetap cepat busuk walaupun sudah disimpan dalam kulkas.

tips menyimpan makanan
Source : Aviv Service Today

Nah, kalau kamu termasuk di antaranya, jangan panik. Sebab, bukan berarti kulkasmu yang rusak, tapi mungkin caramu menyimpan yang kurang tepat. Supaya lebih awet, yuk ikut tips menyimpan beberapa jenis sayuran berikut ini:

  • Cabai
  1. Pilih cabai yang benar-benar masih segar tanpa ada bagian busuk meskipun hanya sedikit.
  2. Buang tangkai termasuk bagian ujungnya yang menempel pada cabai. Pastikan semuanya bersih tak bersisa
  3. Cuci semua cabai hingga bersih dan keringkan. Cukup letakkan cabai di atas tisu dan diamkan, sesekali aduk cabai hingga semua bagian kering sempurna
  4. Simpan cabai pada tempat tertutup dan hanya ambil sesuai kebutuhan. Jangan biarkan cabai terlalu lama di luar karena akan membuatnya basah dan cepat busuk.
  • Daun Selada
  1. Potong bagian ujung atau bonggol selada hingga seluruh daun selada terpisah satu sama lainnya, termasuk bagian dalam yang berukuran kecil-kecil. Hal ini penting karena sering kali busuknya daun selada disebabkan area dalamnya yang busuk karena lembap.
  2. Pilih daun selada yang masih segar dan tidak ada bagian busuk atau kehitaman meskipun hanya sedikit.
  3. Jika bagian hitam hanya ada pada pinggiran, maka potong bagian hitam tersebut. Daun selada yang sedikit layu masih aman selama tidak ada area busuk.
  4. Cuci bersih daun selada satu per satu dan kemudian keringkan hingga benar-benar kering.
  5. Simpan daun selada di tempat tertutup atau plastik dan pastikan tidak ada selada yang terlalu ditekan atau ditimpa beban berat, karena akan membuatnya mudah busuk.
  6. Letakkan selada tersebut di kulkas bagian atas aatau tengah agar mendapat pendinginan sempurna dan terhindar dari risiko tertumpuk sayuran lainnya.

Cara penyimpanan daun selada ini bisa juga kamu terapkan pada beberapa daun hijau lainnya, seperti pakcoy atau daun sawi hijau.

  • Jagung Manis

Jagung manis selama tidak disimpan dalam plastik tertutup, sangat jarang sekali busuk. Namun, semakin lama akan keriput dan pastinya tidak enak lagi untuk dimakan. Supaya lebih awet, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu hingga setengah matang. Selanjutnya kamu simpan dalam freezer dan baru dikeluarkan saat akan digunakan.

  • Daun Jeruk

Untuk menyimpan daun jeruk sebenarnya sangaatlah mudah, kamu hanya perlu memasukkannya ke freezer. Cara ini juga berlaku untuk daun salam atau sejenisnya. Namun tetap, pastikan daun yang kamu simpan masih dalam kondisi segar dan tidak ada bagian yang busuk. Kamu bisa menyimpannya dalam kondisi sudah ataupun belum dicuci.

  • Buah Potongan

Menyimpan buah ukuran besar yang sudah dipotong, seperti semangkan atau melon, juga membutuhkan trik. Caranya yaitu manfaatkan plastik wrap untuk membungkus buah yang sudah dipotong tersebut agar tidak layu apalagi busuk. Pastikan seluruh area buah yang terpotong tertutup sempurna. Selain membuat lebih awet, cara ini juga efektif mencegah adanya kontaminasi aroma maupun rasa pada buah dari makanan lain yang kamu simpan di kulkas.

Sederhana sekali kan caranya? Nah, kamu yang punya trik lain untuk menyimpan buah atau sayur yang belum disebutkan di sini, boleh juga loh membagikannya dikomentar. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY