Home Rumah

Kebiasaan Sederhana Penyebab Munculnya Serangga di Rumah

Kebiasaan sederhana ini ternyata dapat memicu munculnya serangga di rumah, loh!

78
0
SHARE

Serangga sering menjadi masalah yang dihadapi oleh penghuni rumah dan pastinya terasa mengganggu. Untuk mengusirnya, banyak yang memilih menggunakan jasa Pest Control Indonesia agar rumah kembali bersih. Apalagi jika jumlah serangga ini sangat tidak terkendali dan kamu sudah mencoba berbagai cara tetapi tetap gagal. Menggunakan jasa profesional tentu saja pilihan yang sangat tepat.

serangga masuk rumah
source: lifestyle

Namun, bagaimana jika serangga tetap muncul beberapa lama setelah pembersihan selesai? Misalnya tiba-tiba muncul kecoa di rumah atau serangga lainnya. Nah, jika ini yang terjadi, cobalah kamu analisa kebiasaanmu. Sebab ternyata, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan munculnya serangga di rumah, di antaranya:

  • Menyimpan terlalu banyak barang

Kamu hobi belanja? Atau sering merasa sayang membuang barang lama yang penuh kenangan? Waspadalah karena kebiasaan tersebut dapat membuat banyak barang menumpuk di rumah. Dampaknya serangga akan senang menjadikan tumpukkan barang tersebut menjadi tempat persembunyian.

  • Tidak rutin membuang sampah

Sampah menjadi tempat berkumpulnya aneka serangga, dari mulai lalat, kecoa, semut, dan sebagainya. Selalu gunakan tempat sampah tertutup di rumah dan segera buang jika sampah telah penuh. Namun jika sampai malam hari sampah masih tetap belum penuh, kamu tetap harus membuangnya dan mengganti plastik sampah dengan yang baru. Jangan menunggu sampai penuh karena tumpukkan sampah tidak boleh dibiarkan di dalam rumah hingga berhari-hari.

  • Membiarkan peralatan makan kotor

Siapa yang suka membiarkan peralatan makan menumpuk tidak dicuci? Jika kamu termasuk, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Sebab, selain menimbulkan bau tidak sedap dari sisa makanan yang membusuk, kebiasaan ini juga akan memancing munculnya serangga. Sebab beberapa serangga akan senang mendapatkan sumber makanan dari sisa makanan yang menempel tersebut.

  • Tidak merawat tanaman

Punya taman di dalam rumah memang indah. Namun jika kamu tidak siap untuk merawatnya secara rutin sebaiknya pikirkan kembali. Sebab, tanaman yang tidak dirawat ini bisa mengundang datangnya berbagai serangga. Misalnya ulat yang senang memakan daun tanaman, kemudian laba-laba yang senang membuat sarang di antara daun atau tangkai tanaman, nyamuk yang senang berkumpul di dedaunan yang rimbun, dan sebagainya. Jadi, selalu rawat dan rutin bersihkan tanaman serta jangan lupa semprotkan cairan anti hama.

Jika kamu masih memiliki kebiasaan di atas, maka kamu harus siap memanggil jasa pembersih serangga secara rutin. Sebab, meskipun kamu sudah mengusirnya tetapi kamu juga tetap mengundang mereka. Jadi, yuk mulai ubah kebiasaan menjadi lebih baik!