Home Liburan

Tips Kebal Sakit saat Pergi Berlibur!

Selain bekali diri dengan asuransi, berikut adalah tips kebal sakit buat kamu yang akan pergi liburan. Yuk, cek!

295
0
SHARE
kebal sakit saat liburan
source : Google

Ada satu tujuan kolektif orang-orang yang pergi berlibur: relaksasi. Entah itu dari kerjaan ataupun kehidupan dunia nyata, semua orang traveling untuk melepas penat dan bersenang-senang. Untuk itu, jatuh sakit adalah hal terakhir yang mesti terjadi selama di pelancongan. Selain bekali diri dengan asuransi wisata, berikut adalah tips kebal sakit buat kamu yang akan pergi liburan!

Makan yang benar sebelum berangkat

Sering kali, orang yang hendak berlibur terlalu sibuk menyelesaikan tanggung jawabnya di dunia nyata sambil mempersiapkan itinerary liburan sampai-sampai luput dengan badannya sendiri. Akibatnya, stres, kurang tidur, dan dehidrasi membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan membuka jalan bagi virus dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh selama perjalananmu menuju destinasi.

Untuk itu, kamu perlu menjaga asupan makananmu beberapa hari sebelum keberangkatanmu. Ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi vitamin C dari buah-buahan dan sayuran, mengurangi konsumsi alkohol, memperbanyak minum air, serta mencukupkan jam tidur malam sebelum pergi berlibur.

Duduk di kursi dekat jendela

Kalau kamu naik pesawat, pesanlah kursi yang berada di dekat jendela. Duduk di kursi lorong berpotensi memaparkan kuman, virus, dan bakteri yang lebih tinggi; mengingat barisan ini menjadi “tempat berpegang” semua penumpang ketika naik dan turun pesawat maupun saat akan dan kembali dari kamar mandi.

Hindari minum alkohol, kopi, soda saat di penerbangan

Tips kebal sakit berikutnya adalah menghindari minuman beralkohol, berkafein, dan bersoda saat dalam penerbangan dan perjalanan menuju tempat liburan. Soalnya, minuman-minuman ini bakal membuat kamu dehidrasi. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman dengan dengan es batu ataupun yang berada dalam kemasan, ya.

Yang paling penting, kamu perlu memperbanyak konsumsi air selama di perjalanan. Selain menjaga kadar cairan dalam tubuh, minum air juga akan membuat kamu ke toilet selama di pesawat. Artinya, kamu bakal bergerak dan membuat otot-otot kakimu rileks selama beberpa waktu.

Di luar ketiga hal di atas, tips kebal sakit lainnya yang bisa kamu terapkan saat pergi berlibur adalah rajin mencuci tangan—terutama ketika akan makan dan menjaga asupan makanan bersih selama di tempat liburan. Semoga tips ini berguna!