Home Kesehatan

Sebaiknya Makan Setelah atau Sebelum Berolahraga, ya?

Makan dulu sebelum atau sesudah olahraga, ya? Yuk, cek jawabannya!

307
0
SHARE

Makanan merupakan sumber energi untuk beraktivitas. Bahkan terkadang ada seseorang yang mengalami masalah kesehatan akibat mengabaikan pentingnya makan sebelum beraktivitas, hingga akhirnya harus memanfaatkan asuransi kesehatan individu miliknya untuk berobat.

makan sebelum atau setelah olahraga
source : Indotribun

Lalu, bagaimana dengan olahraga? Pada saat olahraga kita pasti akan mengeluarkan banyak energi. Jadi, apakah itu artinya kamu harus makan sebelum melakukan aktivitas ini?

Pertanyaan di atas merupakan salah satu hal yang sering membuat banyak orang merasa bingung. Beberapa menyarankan untuk makan sebelum olahraga agar mendapatkan energi, sementara banyak juga yang melarang hal tersebut. Jadi, manakah yang benar di antara keduanya? Berikut ini adalah penjelasan yang diambil dari situs healthline.

Fasted exercise

Fasted exercise artinya berpuasa atau tidak makan sebelum berolahraga. Ini merupakan hal yang umum dilakukan oleh orang yang berolahraga di pagi hari sebelum bekerja. Dalam kondisi seperti ini, mereka akan berolahraga dalam kondisi perut kosong. Meskipun begitu bukan berarti mereka tidak memiliki energi untuk melakukan olahraga karena tubuh memiliki caranya sendiri untuk menghasilkan energi, yaitu dengan membakar lemak tubuh.

Ate before exercise

Ate before exercise artinya kamu mengonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Karena adanya sumber energi dari makanan yang dikonsumsi, maka jumlah pembakaran lemak tubuh akan lebih kecil dibandingkan dengan fasted exercise. Meskipun begitu, apakah ada perbedaan performa saat berolahraga pada orang yang makan sebelum olahraga maupun yang tidak, ternyata tidak dapat dipastikan. Alasannya adalah karena adanya pperbedaan respon tubuh pada setiap individu.

Mana yang lebih baik?

Keduanya sama baiknya tergantung pada respon tubuhmu sendiri. Namun yang perlu kamu ketahui adalah meskipun fasted exercise dapat membakar lemak lebih banyak, tetapi tidak berarti mempercepat proses penurunan berat badan. Selain itu, untuk kamu yang berencana melakukan olahraga cukup lama (lebih dari 1 jam) sebaiknya mengonsumsi makanan terlebih dahulu.

Namun tentunya, kamu harus memerhatikan menu makanan yang dikonsumsi dan juga jangka waktu antara kamu makan dengan olahraga. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berat kurang dari 3 jam menjelang olahraga. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah seperti pisang yang dapat menjadi sumber energi dalam waktu singkat. Atau makanan ringan yang sehat lainnya setidaknya 1 jam menjelang olahraga.