SHARE
cara menggunakan sepeda statis

Banyak orang yang ingin berolahraga tetapi tidak sempat pergi ke gym dan memilih untuk membeli alat fitness agar bisa menggunakannya kapan saja di rumah. Di antara sekian banyaknya jenis alat fitness yang bisa dibeli, sepeda statis merupakan salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat.

Sesuai dengan namanya, sepeda statis merupakan alat fitness berbentuk menyerupai sepeda yang bersifat statis atau diam. Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa melakukan olahraga bersepeda tanpa perlu ke luar ruangan. Tidak perlu khawatir dengan efektivitasnya, karena sepeda statis saat ini sudah banyak dilengkapi dengan berbagai fitur, misalnya fitur kesulitan (seperti saat bersepeda di medan berat). Namun karena sifatnya yang statis, kamu tidak perlu khawatir dengan masalah cedera akibat terjatuh saat bersepeda.

Nah, untuk kamu yang baru berencana menggunakan sepeda ini untuk latihan, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan diperhatikan:

Pemanasan

Meskipun yang kamu lakukan hanyalah bersepeda, bukan berarti kamu tidak membutuhkan pemanasan. Pastikan kamu tetap melakukannya dengan cara yang tepat untuk mempersiapkan otot serta sendimu sebelum berolahraga. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari risiko cedera.

Pengaturan sepeda

Seperti yang telah disebutkan, sepeda statis memiliki banyak pengaturan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur posisi setang dan tempat duduk agar terasa nyaman saat berolahraga. Setelahnya kamu bisa mengatur tingkat kesulitan, pilihlah yang mudah terlebih dahulu karena kamu masih pemula. Secara perlahan, nantinya kamu baru bisa meningkatkan kesulitannya.

Atur kecepatan

Sama seperti pengaturan kesulitan, kamu juga harus mengatur kecepatanmu secara perlahan. Jika kamu benar-benar pemula, hindari melakukan olahraga ini dengan kecepatan tinggi. Lebih baik jika kecepatan rendah tetapi stabil dan baru menaikkannya secara perlahan.

Lama olahraga

Olahraga dalam waktu lama bisa membakar kalori lebih banyak. Hal ini mungkin benar, tetapi berolahrag secara berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu. Beolahragalah dalam waktu yang wajar dan kamu boleh meningkatkannya jika dirasa perlu.

Pendinginan

Sama hal nya dengan pemanasan, pendinginan juga sangat perlu dilakukan. Jadi pastikan untuk melakukannya setiap kali kamu selesai berolahraga.

Untuk sepeda statis yang memiliki sangat banyak pengaturan, jangan lupa untuk mempelajarinya terlebih dahulu dari buku manual. Dengan begitu kamu bisa memanfaaatkan alat ini secara maksimal.

LEAVE A REPLY