Home Kesehatan

Berbagai Penyebab Peredaran Darah Kurang Lancar

Peredaran darah di tubuh kurang lancar? Ternyata ini loh penyebabnya!

174
0
SHARE

Semua sistem dalam tubuh menggunakan darah. Itulah sebabnya sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh harus selalu dijaga agar mengalir dengan lancar. Namun, ada kalanya aliran darah yang bersirkulasi ke seluruh area tubuh ini tidak bisa mengalir lancar.

darah tidak lancar
source : alodokter

Kondisi ini bisa terjadi akibat berbagai hal dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya berdasarkan situs cvmus dan healthline:

  • Usia

Semakin bertambahnya usia, terutama ketika memasuki masa lansia maka risiko mengalami sirkulasi darah yang buruk pada kaki akan meningkat. Penyebabnya antara lain adanya penebalan aorta dan penurunan sensitivitas pada baroreseptor.

  • Gaya hidup

Tahukah kamu bahwa ternyata gerakan yang kamu lakukan, meskipun bukan gerakan olahraga, dapat membantu sirkulasi darah. Artinya, jika kamu memiliki gaya hidup yang pasif, sirkulasi darah akan berpotensi mengalami masalah.

  • Obesitas

Seseorang yang mengalami obesitas berpotnsi menderita beragam jenis penyakit, termasuk juga penurunan sirkulasi darah. Itulah sebabnya, sangat penting agar kamu tetap menjaga berat badan berada di angka ideal.

  • Masalah kesehatan

Selain berbagai hal di atas, adanya masalah kesehatan pada tubuh juga menjadi penyebab umum terganggunya sirkulasi darah. Beberapa masalah kesehatan yang dimaksud yaitu:

  1. Peripheral Artery Disease (PAD)

PAD adalah kondisi di mana terjadi penyempitan pembuluh darah dan arteri. Bisa terjadi akibat a                terosklerosis yang tidak tertangani. Aterosklerosis sendiri adalah arteri yang mengeras akibat dari adanya penumpukan plak. Jika kondisi ini tidak tertangni sesegera mungkin bisa mengakibatkan penderitanya mengalami stroke.

  1. Varicose veins

Kondisi di mana terjadi pembesaran vena akibat kegagalan katup. Umumnya terjadi pada bagian belakang kaki  dan dalam kondisi tertentu (sangat jarang) bisa berujung pada pembekuan darah. Hal ini biasanya terjadi akibat penurunan gen, artinya seseorang yang anggota keluarganya pernah mengalami ini lebih berpotensi juga mengalaminya.

  1. Blood cloth

Blood cloth atau gumpalan darah bisa terjadi akibat berbagai faktor dan sangat berbahaya. Sebab dapat menghalangi aliran darah baik sedikit maupun secara keseluruhan. Namun, masalah ini umumnya dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat.

  1. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi, termasuk memengaruhi sirkulasi darah di tubuh. Umumnya terjadi pada area kaki  yang akhirnya menimbulkan kram atau sakit.

Semoga informasi di atas bermanfaat.