Home Teknologi

Yuk, Kenali Beberapa Jenis Layanan dari Cloud Computing

Yuk, cari tahu tiga layanan yang diberikan oleh cloud computing!

275
0
SHARE

Pernah mendengar istilah cloud computing? Sebagian dari Anda mungkin sudah ada yang tahu dengan istilah ini atau jangan-jangan perusahaan Anda sudah memanfaatkan layanan satu ini? Cloud computing atau komputasi awan adalah teknologi canggih yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dalam komputer. Ada 3 tipe cloud computing yang umum digunakan, yakni hybrid cloud, private cloud, serta public cloud.

jenis layanan cloud computing
source : google

Selain itu, cloud computing ini juga mempunyai beberapa layanan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, berikut di antaranya:

  1. Serverless Computing. Serverless computing atau komputasi tanpa server adalah sebuah layanan dari cloud computing yang menyediakan layanan dengan menon-aktifkan maupun mengaktifkan virtual machine sesuai dengan permintaan dan dikelola langsung oleh penyedia layanan. Sebenarnya pengoperasian dari layanan ini masih tetap memanfaatkan server, akan tetapi bukan server fisik melainkan dalam bentuk virtual. Jika biasanya pada layanan Iaas sumber daya berasal dari komputer fisik, maka pada layanan ini sumber dayanya langsung dari virtual machine.
  2. Mobile Backend as a Service (MBaaS). Mobile Backend as a Service atau dikenal pula dengan Backend as a Service merupakan layanan yang menyediakan aplikasi mobile dan aplikasi web dengan cara menghubungkan kedua aplikasi tersebut menggunakan API. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur, misalnya seperti pemberitahuan push, integrasi dengan layanan jejaring sosial, sekaligus pengelolaan pengguna. Hampir semua fitur ini dimiliki oleh 5 aplikasi media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia. Melansir dari mobnasesemka, kedua aplikasi ini mempunyai kesamaan fitur di balik layar, di mana tetap menerima pesan instan, penyimpanan cloud, sekaligus integrasi dari sosial media.
  3. Security as a Service (SECaaS). Berbeda dengan sebelumnya, untuk Security as a Service atau disingkat dengan SECaaS ini ialah sebuah proses maupun layanan komunikasi yang memberikan perlindungan kepada sumber daya sistem, layanan keamanan, serta kebijakan keamanan. Biasanya, terdapat beberapa aspek keamanan yang disediakan oleh penyedia layanan tersebut di antaranya; integrity, privacy, availability, serta authentication.

Selain ketiga layanan di atas, terdapat pula layanan lain dalam cloud computing, yakni IaaS yang memberikan layanan online kepada pengguna, PaaS yang menawarkan pengembangan aplikasi kepada pelanggan, serta SaaS yang memberikan akses kepada pengguna untuk mengelola perangkat lunak jaringan komputer. Semoga bermanfaat, ya! –SH–