Home Kesehatan

Wajib Tahu, Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh!

Ini dia manfaat bawang putih untuk kesehatan yang wajib diketahui. Simak, yuk!

272
0
SHARE

Hampir semua masakan di Indonesia menggunakan bawang putih sebagai salah satu bumbu utamanya. Tidak hanya itu, banyak orang yang percaya bahwa bawang putih bisa menjadi salah satu makanan penurun kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. Sayangnya, kepercayaan tersebut tidak terbukti karena menurut situs klikDokter, ada sebuah studi baru yang pernah dilakukan dan menunjukkan hasil bahwa bawang putih tidak mampu mempengaruhi level kolesterol seseorang. Sehingga, bawang putih tidak bisa Anda jadikan makanan penurun kolesterol jahat yang efektif.

manfaat bawang putih untuk kesehatan
source : liputan6

Meskipun begitu, bukan berarti bahan masakan ini tidak memiliki manfaat, loh! Sebab ternyata masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin, yaitu: (source: liputan6)

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi. Apakah tekanan darah Anda meningkat? Coba bantu turunkan dengan mengonsumsi bawang putih. Dipercaya, bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi di tubuh. Bisa, kah? Tentu bisa, sebab di dalam bawang putih terdapat senyawa allicin dan antioksidan. Senyawa ini ampuh dalam melancarkan peredaran aliran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, serta menjaga kesehatan arteri.
  2. Menjaga Sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih ini, maka sistem kekebalan tubuh dan biasa dikenal dengan sistem imun pun akan tetap terjaga kesehatannya. Hal ini karena di dalam bawang putih tersimpan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Cara mengonsumsinya juga tidak sulit tinggal memakan mentah atau membuatnya dalam bentuk jus. Sebenarnya, dimasukkan ke dalam makanan maupun masakan bisa, namun pilihlah makanan yang rendah lemak dan menyehatkan.
  3. Menyehatkan sistem pencernaan. Anda punya masalah pada sistem pencernaan, ada baiknya konsumsi bawang putih mentah rutin setiap hari. Harus, kah? Yap, sebab bawang putih dapat mengatasi masalah pencernaan karena tinggi akan kandungan alicin. Melansir dari alodokter, alicin sendiri berfungsi sebagai antijamur sekaligus antibiotik yang ampuh dalam melawan bakteri pylori di dalam lambung. Tentu, ini akan sangat membantu bagi penderita yang mengidap sakit lambung.

Tidak hanya manfaat tersebut, bawang putih juga bermanfaat untuk kondisi lainnya, seperti;

  • Mengobati sakit gigi
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menyembuhkan flu yang diderita
  • Menurunkan berat berlebih di dalam tubuh
  • Mencegah kemunculan penyakit kanker di tubuh
  • Mencegah munculnya sakit demensia sekaligus Alzheimer
  • dan masih banyak yang lainnya

Semoga pembahasan ini memberikan manfaat untuk pembaca! –SH–