Home Liburan

Tips Liburan dengan Minim Budget

Mau liburan dengan minim budget? Bisa, kok!

169
0
SHARE

Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk berlibur dengan alasan tak ada biaya. Ya, kata ‘liburan’ memang identik dengan uang yang banyak. Padahal, sebetulnya tidak demikian, lho. Kamu bisa tetap liburan dengan minim budget, tanpa harus menggunakan dana darurat yang ada di tabunganmu. Terlebih, sekarang ini transportasi pun sudah mudah dan terjangkau. Mencari asuransi travelling murah pun tidak sulit karena sudah banyak yang menawarkannya.

tips liburan dengan budget minim
source : google

Lantas bagaimana cara liburan dengan minim budget? Simak artikel berikut ini, ya:

  1. Pilih destinasi dalam negeri. Jika budget liburan yang dimiliki benar-benar terbatas, tak ada salahnya memilih destinasi liburan dalam negeri. Hal ini dimaksudkan untuk memangkas biaya transportasi karena ada banyak tempat berlibur yang bisa ditempuh dengan menggunakan mobil saja. Misalnya saja, Bogor atau Bandung. Selain dekat dari Jakarta, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dieksplorasi di tempat-tempat ini.
  2. Penginapan murah. Untuk menghemat biaya berlibur, kamu bisa memilih penginapan murah. Cara mencari penginapan murah juga cukup mudah sekarang ini, tinggal cari saja di aplikasi pesan hotel seperti Traveloka atau Tiket. Meskipun menginap di hotel, kamu tetap bisa mendapatkan harga terendah.
  3. Tahan keinginan untuk belanja. Jika kamu berlibur dengan minim budget, maka kamu harus siap untuk menahan keinginan belanja. Ketika mengunjungi satu destinasi yang benar-benar baru bagimu, kamu pasti akan tergoda dengan beragam barang-barang yang mungkin baru pertama kali kamu lihat. Jadi, siapkan mental yang kuat, ya!
  4. Tidak perlu membeli oleh-oleh. Salah satu pengeluaran terbesar ketika liburan adalah oleh-oleh. Pasalnya, ada keinginan untuk membawa beragam buah tangan untuk keluarga atau teman di kantor. Padahal, tak ada keharusan bagi kamu untuk membawa oleh-oleh. Kalau memang budget terbatas, sebaiknya hindari membeli oleh-oleh. Cerita liburanmu juga sudah cukup menghibur untuk keluarga, kok.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika ingin liburan dengan minim budget. Jangan sampai kebutuhan untuk refreshing kamu terhalang karena merasa tak ada dana. Sesuaikan saja budget yang dimiliki dengan tempat yang akan dituju. Semoga membantu dan selamat mencoba 😀