Home Motor

Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor

Agar aman ketika berkendara, begini tips yang harus Anda ketahui!

292
0
SHARE

Bepergian menggunakan sepeda motor memang sangat menguntungkan bagi pengendara. Selain cepat, menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi dapat mencegah pengendara terjebak macet saat berkendara di jalan raya. Meski begitu, keselamatan berkendara tentu harus selalu diperhatikan, tujuannya untuk menghindari agar pengendara tidak mengalami kecelakaan pada saat berkendara. Sekalipun Anda sudah membuat asuransi kecelakaan diri yang akan menanggung semua kerugian yang ditimbulkan karena kecelakaan, akan tetapi jika kecelakaan tersebut dilakukan secara sengaja tanpa memerhatikan keselamatan tentu tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.

tips berkendara agar aman
source : merdeka

Untuk itulah, agar aman berkendara dengan sepeda motor, maka Anda sangat disarankan untuk mengikuti beberapa tips yang kami berikan di artikel ini. Yuks, disimak!

  1. Periksa kondisi sepeda motor. Sebelum bepergian dengan sepeda motor, ada baiknya Anda harus memeriksa kondisi sepeda motor. Wajib, kah? Tentu sangat wajib sekali, sebab dengan melakukan pemeriksaan ini Anda bisa terhindar dari kecelakaan yang mungkin saja terjadi karena motor rusak di jalan. Bagian yang bisa Anda periksa adalah seperti ban, lampu, rem, kaca spion, knalpot, lampu sein, lampu belakang & depan, dan sebagainya.
  2. Berkendara dengan kecepatan yang sudah ditentukan. Saat berkendara, maka kendarailah sepeda motor dengan kecepatan yang sesuai dengan ketentuan pemerintah. Selain tidak mengganggu pengendara lain, berkendara dengan cara ini dapat mengantisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan pada saat berkendara. Oleh sebab itu, ketika Anda mengendarai sepeda motor, jangan kencang-kencang, ya!
  3. Patuhi rambu lalu lintas. Agar keselamatan saat berkendara tetap terjaga, maka patuhilah rambu lalu lintas yang terdapat di jalan. Jangan suka menerobos lalu lintas jika sudah menunjukkan warna merah, sebab cara ini hanya akan meningkatkan terjadinya kecelakaan. Dan pastikan Anda tidak melawan arus saat berkendara karena melakukan ini bisa mengganggu semua pengendara.
  4. Jangan lupa gunakan perlengkapan berkendara. Dan jangan sampai lupa menggunakan perlengkapan berkendara agar semakin aman, seperti sarung tangan, alas kaki, helm, pakaian, dan lainnya. Dengan mengenakan semua perlengkapan ini, maka dapat mengurangi cedera yang mungkin saja muncul pada saat Anda mengalami kecelakaan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika mengendarai sepeda motor. Semoga bermanfaat, ya!