Home Otomotif

Telat Ganti Oli? Ini Bahayanya!

Telat mengganti oli kendaraan? Siap-siap bahaya ini bisa menjangkiti mobil Anda!

29
0
SHARE
bahaya telat mengganti oli kendaraan
source : OtoDriver

Siapa yang tidak panik ketika kendaraan mogok tiba-tiba di tengah jalan? Hal tersebut bisa saja terjadi karena telat ganti oli mobil atau malah tidak menggantinya sama sekali, sehingga menyebabkan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Selain itu, apa yang akan terjadi?

  1. Overheat

Overheat atau disebut juga dengan kenaikan suhu temperatur mesin yang tinggi dan menjadi sangat panas. Ketika oli tidak diganti, maka kinerja pendingin mesin tidak bekerja secara maksimal, akibatnya mesin menjadi cepat panas. Jika hal itu dibiarkan begitu saja, maka bukan tak mungkin akan berkibat fatal, seperti mesin mati karena tidak berfungsinya sebagian komponen mesin kendaraan, mulai dari piston yang terkunci atau klep yang bengkok akibat pemuaian.

  1. Kualitas Mesin Menurun

Telat megganti oli akan memberikan dampak buruk pad amesin kendaraan Anda. apalagi jika tidak diganti, akan semakin hitam dan kental, sehingga fungsi oli sebagai pelumas komponen mesin akan menurun dan berakibat pada kinerja mesin yang juga menurun. Suara mesin juga akan menjadi semakin kasar, serta mobil akan sulit untuk dinyalakan pertama kali.

  1. Bensin Semakin Boros

Oli yang tidak diganti, akan berpengaruh pada gesekan yang semakin kuat dan tarikan mesin yang semakin berat. Akibatnya mesin memerlukan sumber tenaga tambahan lain yaitu bensin.

  1. Komponen Mesin Mengalami Kerusakan

Ketika oli mobil sudah tidak lama diganti, secar otomatis akan kental dan kotor, berakibat pada rusaknya komponen bagian dalam mesin. Bagian mesin yang terkenda dampaknya adalah silinder, piston, dan sebagainya. Oli yang dibiarkan terlalu lama dalam mesin mobil dapat menyebabkan mesin bekerja secara berlebihan dan berpotensi menimbulkan karat, goresan, dan yang paling parah terbakar.

Penggantian oli mesin biasanya ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin bekerja, dan seberapa sering kendaraan digunakan. Padahal, penggantian oli tidak memakan waktu yang lama, apalagi tidak dikerjakan setiap hari. Untuk itu, penting selalu mengecek dan ganti oli secara berkala dan sesuai, ya!