Home Kesehatan

Tanda-Tanda Kanker Kolorektal Pada Anak Muda

Yuk, kenali tanda kemunculan kanker Kolorektal pada tubuh!

213
0
SHARE

Kanker kolorektal atau kanker usus besar dan kanker dubur ternyata banyak menyerang anak muda. Menurut temuan dari American Cancer Society, persentase pengidap kanker ini pada orang berusia 20-30 tahun sangatlah meningkat. Bahkan, di Amerika sendiri, 140ribu orang diprediksi mengidap kanker ini dan menjadi penyebab kematian nomor tiga. Nah, untuk Anda para anak muda, meski sekarang beli asuransi online sudah sangat mudah dan terjangkau, bukan berarti Anda bisa begitu saja menyepelekan masalah kesehatan.

tanda kanker Kolorektal
source : deherba

Lantas, apa sih yang menyebabkan kanker kolorektal ini? Ternyata, kanker ini bisa muncul sebagai akibat dari diet tidak sehat, kenaikan berat badan, serta kurangnya aktivitas fisik. Tanda-tanda yang bisa dikenali dari kanker kolorektal sendiri di antaranya:

  1. Sering merasa pusing setelah duduk? Nah, bisa jadi Anda mengidap anemia. Anemia menjadi salah satu pertanda kanker kolorektal karena kanker ini menguras pasokan sel darah merah. Sel tumor akan tumbuh lebih cepat melebihi suplai darah sehingga tak jarang menyebabkan bisul yang sering mengeluarkan darah.
  2. Pendarahan rektum. Gejala lainnya adalah pendarahan rektum. Pendarahan rektum sendiri seringkali disebabkan oleh wasir atau fisura anus. Seringkali muncul dengan tindakan tinja atau tanpa tinja.
  3. Berat badan turun secara tiba-tiba. Seseorang yang mengidap kanker kolorektal bisa saja mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Hal ini disebabkan karena penderita kehilangan nafsu makan dan mengubah metabolisme tubuhnya. Bahkan, dokter mengatakan bahwa perubahan metabolisme ini muncul karena tubuh secara aktif berusaha melawan tumor.
  4. Tumor yang tumbuh ini kerap menyebabkan penyumbatan sehingga tinja sulit keluar. Akibatnya, Anda pun akan mengalami sembelit.
  5. Kram perut. Kerap mengalami kram perut, nyeri, atau bahkan begah? Bisa jadi ini merupakan tanda-tanda dari kanker kolorektal: kanker usur besar Anda mungkin memiliki lebih banyak gas. Gas ini akan meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu.

Itu dia beberapa gejala yang mungkin Anda alami. Jika menemukan satu atau dua di antaranya, baiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk cek lebih lanjut. Semoga bermanfaat.