Home Mobil

Penyebab Alarm Mobil Terus Berbunyi atau Bunyi Sendiri

Alarm mobil sering berbunyi sendiri, kira-kira apa ya penyebabnya? Yuk, kita cari jawabannya di artikel ini!

113
0
SHARE

Alarm mobil pada truk Fuso atau mobil lainnya ditujukan untuk melindungi mobil dan berbagai benda di dalamnya dari tangan-tangan jahil yang ingin berniat jahat. Dengan adanya alarm, mobil akan mengeluarkan bunyi peringatan yang cukup kencang pada saat ada orang yang berniat jahat. Misalnya ketika ada yang berniat membuka paksa kunci pada pintu mobil. Dengan bunyi tersebut, pastinya akan menarik perhatian orang untuk datang sehingga mobil akan aman.

alarm mobil berbunyi sendiri
source : liputan6

Namun sayangnya, terkadang alarm ini justru berbunyi sendiri meskipun tidak ada yang berniat jahat. Hal ini bisa terjadi akibat beberapa hal, antara lain:

  • Pintu yang kurang rapat

Alarm dihubungkan pada seluruh bagian pintu, bagasi, dan juga kap mesin. Ketika ada salah satu pintu yang tidak tertutup dengan rapat, maka akan menyebabkan alarm terus berbunyi. Untuk penyebab ini, cara penyelesaiannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengecek kembali seluruh pintu untuk memastikan semuanya sudah tertutup dengan rapat.

  • Switch pintu rusak

Sudah memastikan seluruh pintu tertutup rapat tapi alarm masih terus berbunyi? Maka bisa jadi switch pintu yang nmengalami masalah. Sehingga alarm akan menganggap pintu masih belum tertutup meskipun sebenarnya sudah rapat. Switch ini bisa rusak karena kualitasnya yang kurang bagus maupun karena adanya karat pada bagian ini.

  • Salah mengatur tingkat sensor getar

Alarm memiliki pengaturan tingkat sensor getar yang membuat alarm berbunyi. Semakin tinggi tingkat getarnya maka akan semakin sensitif alarm untuk berbunyi. Misalnya ketika seseorang hanya tanpa sengaja menyentuh mobil, alarm sudah berbunyi. Biasanya orang akan mengatur tingkat getar ini pada level sedang atau rendah sehingga hanya getaran yang cukup kuat saja yang bisa menyebabkan alarm berbunyi.

  • Komponen alarm rusak

Alarm berbunyi tiba-tiba juga bisa terjadi ketika adanya komponen alarm mobil yang rusak. Hal ini bisa karena pemasangan yang kurang pas, usia alarm yang sudah cukup tua, atau karena kualitas alarm yang memang kurang bagus.

Untuk ketiga poin terakhir, diperlukan bantuan ahli untuk mengatasinya. Kecuali jika Anda sudah mengetahui lokasi pengaturan sensor getar, Anda bisa mengatasi masalah pengaturan tersebut sendiri. (Vita)