Home Kesehatan

Penderita Maag Baiknya Tidak Konsumsi Makanan Ini!

Agar maag tidak kambuh, baiknya Anda tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan ini!

74
0
SHARE

Sakit maag merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh akibat dari terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas ataupun makan dalam porsi besar. Munculnya gejala maag ini bisa ditandai dengan perut bagian atas terasa nyeri, kembung, perih, mual, sendawa, kebegahan, selera makan menurun, dan sebagainya. Apabila maag yang dialami sudah masuk kategori akut, biasanya dapat membuat penderita merasakan sakit yang teramat bahkan yang paling parah bisa akibatkan pingsan. Jika sudah begini, tentu penderita harus rutin meminum obat maag kronis, kan?

sakit maag
source : caramenyembuhkanmaag

Untuk itu, bagi Anda yang menderita penyakit maag ini, ada baiknya menghindari beberapa makanan yang sangat membahayakan ini, berikut adalah daftar makanannya;

  1. Makanan asam. Saat mengonsumsi makanan asam, memang memberikan sensasi yang berbeda untuk lidah. Namun, bagi Anda yang memiliki sakit maag, alangkah baiknya menjauhi makanan ini. Karena apa? Sebab, makanan ini dapat memicu timbulnya penyakit maag di tubuh, dan dapat membuat perut sakit. Untuk jenis makanannya sendiri misalnya seperti saus tomat, lemon, jeruk, cuka di kuah bakso ataupun minuman bersoda dengan tingkat asam tinggi.
  2. Makanan berlemak. Melansir dari alodokter, pengaruh makanan berlemak ini untuk sakit maag memang harus ditinjau lebih lanjut. Akan tetapi, jika dilihat makanan dengan lemak tinggi, sangat tidak bagus untuk kesehatan. Sebab, dapat memicu tubuh mengalami diare yang sangat hebat, memperlambat pengosongan lambung sehingga dapat memunculkan sakit maag, memperburuk konstipasi di tubuh, dan sebagainya. Maka dari itu, cobalah untuk kurangi mengonsumsi makanan berlemak ini.
  3. Makanan manis. Makanan manis pun dapat menjadi pemicu timbulnya sakit maag, karena pemanis buatan yang terdapat dalam makanan ini diduga bisa mengakibatkan dispepsia. Dimana, dispepsia sendiri adalah perasaan yang tidak nyaman akibat dari perut bagian atas terasa nyeri. Alasan lainnya karena pemanis buatan ini tidak mampu dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum menuju usus, itulah yang menyebabkan nyeri di perut.

Selain makanan di atas, masih ada beberapa makanan dan minuman lain yang sebaiknya hati-hati saat mengonsumsinya. Misalnya saja dampak teh hijau bagi penderita maag yang ternyata bisa menimbulkan efek samping buruk karena kafein di dalamnya. –SH–