Home Properti

Mendingan Mana, Beli Rumah Tinggal Sebelum atau Sesudah Menikah?

Bagusan mana ya, membeli rumah sebelum atau sesudah menikah saja? Yuk, cari tahu langsung jawabannya di bawah ini, check it out.

220
0
SHARE

Saat ini cukup banyak apartement mega kuningan yang menawarkan unit apartemen dengan harga terjangkau. Tidak hanya apartemen saja, rumah tinggal biasa pun saat ini mulai banyak yang ditawarkan dengan harga cukup miring. Kondisi ini, tentu saja membuat banyak masyarakat yang tergiur ingin memilikinya. Apalagi, untuk pasangan yang sudah mulai merencanakan untuk menikah. Bahkan, terkadang mereka tidak terlalu memperhatikan dana untuk biaya tambahan sebelum mencicil apartemen karena sudah tertarik dengan harga yang ditawarkan.

tips membeli rumah
source : google

Namun, ternyata tidak semua seperti itu. Sebab, cukup banyak juga pasangan yang sedang merencanakan pernikahannya masih bingung apakah sebaiknya membeli rumah tinggal sebelum ataukah sesudah menikah? Sebenarnya, baik membeli sebelum ataupun sesudah menikah, sama-sama memiliki keuntungan yang berbeda, seperti yang tertulis dalam blog.duitpintar berikut ini:

  1. Beli sebelum menikah. Sebenarnya, tidak ada larangan bagimu untuk membeli rumah tinggal sebelum menikah karena nantikan rumah tersebut digunakan untuk tempat tinggal bersama dengan pasangan. Di samping itu, membeli rumah tinggal sebelum menikah, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya:
  • Harga rumah tinggal belum mahal. Kamu tentu tahu betul jika harga membeli properti (rumah, apartemen), pasti terus melonjak naik. Nah, jika kamu membelinya sebelum menikah, tentu saja harganya pun tidak akan semahal setelah menikah nantinya. Tapi, jika kamu menikah dalam waktu dekat, atau masih di waktu yang bersamaan dengan tanggal menikah, maka kamu bisa menunda pembelian tersebut.
  • Digunakan untuk aset masa depan. Yang namanya properti tentu dipakainya untuk masa depan, kan? Begitu pun rumah tinggal. Ketika kamu membeli rumah sebelum menikah, maka rumah ini bisa kamu jadikan sebagai asset untuk masa mendatang bersama dengan pujaan hatimu. Apabila kamu tidak kamu tinggal di rumah tersebut, maka rumah yang sudah dibeli bisa disewakan kepada orang lain. Lumayan kan ada tambahan pemasukan.
  1. Beli sesudah menikah. Tidak jauh berbeda dengan membeli rumah tinggal sebelum menikah, ketika memutuskan untuk membelinya setelah menikah maka kamu pun bisa memperoleh sejumlah manfaat;
  • Pembelian rumah bisa patungan dengan pasangan. Setelah memiliki pasangan hidup, pasti kamu akan melakukan segala sesuatunya berdua dengan pasangan, begitu juga saat membeli rumah tinggal. Nah, ketika membeli rumah ini, kamu bisa patungan dengan pasangan. Keuntungannya, tentu mengurangi pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan rumah tinggal yang lebih bagus. Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mendapatkan rumah tinggal yang lebih layak sekaligus bagus karena membeli rumah patungan dengan pasangan.

Gimana? Kamu tertarik membeli rumah sebelum atau sesudah menikah? –SH–