Home Teknologi

Mencegah Kecurangan dalam Pengerjaan Online Assessment

Supaya tidak ada yang curang mengerjakan tes asesmen online. Yuk, lakukan beberapa hal ini!

85
0
SHARE

Saat ini, hampir semua hal memanfaatkan teknologi internet. Tidak hanya untuk media komunikasi dan sumber informasi saja, tetapi juga untuk pengerjaan asesmen dalam sebuah perusahaan. Meskipun belum semua perusahaan beralih menggunakan platform asesmen online, tetapi kenyataannya saat ini banyak yang mulai memanfaatkannya. Praktis, hemat, akurat, dan efisien merupakan beberapa alasan menggunakan platform tersebut.

asesmen online
source : financial express

Namun, ada satu hal yang sering menjadi kendala dalam pemanfaatan internet untuk pengerjaan asesmen, yaitu kecurangan. Mudahnya user yang mengerjakan asesmen online untuk mencari informasi  sambil mengerjakan menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mengurangi risiko terjadinya kecurangan yang membuat hasil menjadi tidak akurat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Buat aturan tegas

Buatlah aturan tegas mengenai risiko yang akan dialami oleh karyawan jika melakukan kecurangan. Baik mencari informasi melalui internet atau bertanya pada karyawan lainnya. Meskipun hanya satu pertanyaan saja, tetapi jika terdapat kecurangan akan tetap mempengaruhi hasilnya. Jadi harus ada tindakan tegas yang akan membuat karyawan merasa takut untuk melakukannya.

  • Lakukan pengawasan

Sebenarnya salah satu kelebihan asesmen online adalah bisa dilakukan di mana saja. Namun jika memang Anda ingin mendapatkan hasil yang benar-benar akurat tanpa adanya kecurangan, maka lakukan pengawasan saat proses pengerjaan akan lebih baik. Tidak perlu dengan adanya pengawas yang menunggu di ruangan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan CCTV atau kamera pengawas untuk melakukan tugas ini.

  • Kombinasikan pertanyaan

Kombinasikan pertanyaan berupa  multiple choice atau pilihan ganda dengan esai. Anda juga bisa memberikan asesmen berupa gambaran situasi dan meminta mereka untuk memberikan jawaban berupa problem solving untuk situasi tersebut. Akan sulit untuk melakukan kecurang pada pertanyaan-pertanyaan seperti ini karena respon seseorang dalam menghadapi masalah pasti tidak sama dengan orang lain.

  • Tepat memilih platform

Tentu saja, kualitas platform yang digunakan juga akan mempengaruhi keakuratan hasil. Pastikan untuk menggunakan platform terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Baik asesmen online maupun offline pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun dengan cara yang tepat, Anda bisa mengatasi kekurangan tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat!