Home Business

Keuntungan Barcode untuk Berbagai Keperluan Bisnis

Sudah tahu apa saja keuntungan yang ditawarkan barcode? Kalau belum, yuk, baca ulasannya di artikel berikut!

421
0
SHARE

Kode batang, atau barcode, adalah “barang lama” buat industri retail. Pasalnya, kode yang terinspirasi dari sandi Morse ini mulanya dibuat untuk mengatasi masalah manajemen inventaris dan belanja pelanggan pada industri supermarket. Dengan bantuan barcode scanner, persoalan tersebut dapat teratasi. Seiring berjalannya waktu, implementasi kode batang nyatanya sudah jauh melintasi berbagai sektor bisnis karena berbagai keuntungan barcode tersebut.

kegunaan barcode batang
source : Google

Lantas, apa sajakah keuntungan praktis kode batang? Berikut adalah jawabannya!

Akurasi

Berangkat dari keperluan untuk menyederhanakan masalah manajemen invetaris, barcode tentu dibuat dengan prinsip penyederhanaan proses yang panjang. Menariknya, prinsip tersebut menimbulkan keuntungan lain bernama akurasi. Sebab ketika pekerja mendata inventaris menggunakan kode batang, pekerja tersebut tidak lagi perlu melakukannya secara manual. Alhasil, kemungkinan human error menjadi lebih kecil, alias akurasi pencatatan menjadi lebih tinggi.

Data waktu nyata

Setiap pemindaian kode batang oleh pekerja, nilai data yang tersimpan dalam sistem manajemen bisnis perusahaan akan ikut ter-update juga. Inilah yang dinamakan dengan fitur data waktu nyat atau real-time data. Artinya, pelaku bisnis yang menggunakan teknologi ini akan selalu punya akses ke data paling terkini, yang mana akan mempermudah pencatatan inventaris dan transaksi penjualan produk.

Berbiaya rendah

Alasan lain kenapa barcode itu menguntungkan adalah ongkos atau biayanya yang murah. Sebagai gambaran, biaya pembuatan barcode dan pembelian barcode scanner itu tidak tinggi. Meski begitu, manfaat jangka panjang yang diberikan keduanya cukup sebanding. Selain itu, penggunaan pemindai kode batang juga tidak sulit dan dapat dipelajari secara mandiri. Jadinya, pelaku usaha juga dapat meminimalisir biaya “pelatihan” untuk menggunakan alat pemindai kode batang.

Efektif untuk mengontrol inventaris

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, keuntungan barcode yang paling utama adalah mengatasi masalah inventaris pada industri retail–ataupun sektor industri lainnya. Oleh karena itu, penggunaan kode batang untuk mengontrol inventaris bisnis adalah pilihan tepat. Pada perhitungan jangka panjangnya, implementasi barcode ini juga bisa membantu pelaku usaha untuk mengambil keputusan seputar pembelian inventaris maupun pelaksanaan diskon produk, karena data inventaris selalu ter-update.

Nah, itulah dia beberapa keunggulan barcode yang mungkin belum diketahui banyak oleh para pelaku bisnis.