Home Kesehatan

Ini Dia Beberapa Pertanda Liver Bermasalah

Bagaimana kita bisa tahu bahwa liver bermasalah? Ini dia beberapa pertanda yang bisa dijadikan indikasi!

34
0
SHARE

Sebagai salah satu organ penting pada tubuh kita, liver tentunya harus selalu dijaga dengan baik. Pasalnya, liver ini memiliki banyak sekali fungsi penting pada tubuh seperti membersihkan darah hingga mengendalikan sirkulasi hormon. Ketika liver bermasalah, tentunya aktivitas ini akan terganggu dan kita pun harus melakukan berbagai pengobatan seperti meminum temulawak obat liver atau berobat ke dokter dan lain sebagainya.

pertanda liver bermasalah
source : google

Lantas, bagaimana kita bisa tahu bahwa liver bermasalah? Ini dia beberapa pertanda yang bisa dijadikan indikasi:

  1. Sering merasa nyeri di perut bagian kanan atas. Jika kalian sering merasa nyeri di area tubuh ini, sebaiknya kalian berhati-hati dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab rasa nyeri di bagian kanan atas bisa menjadi penanda bahwa liver kita sedang bermasalah. Rasa nyeri itu sendiri bervariasi, kadang terasa menusuk tajam dan bisa juga terasa tumpul.
  2. Ada bengkak di area kaki atau pergelangannya. Tanda selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai indikasi adalah bengkak di area kaki. Jika kaki tiba-tiba bengkak meski tidak melakukan apa pun dan juga tidak terasa nyeri, ini bisa menjadi pertanda. Sebab saat liver kita bermasalah, ada kemungkinan kita mengalami hipertensi yang kemudian berujung pada pembengkakan di area kaki.
  3. Berat badan terus naik. Tidak peduli dengan program diet yang dilakukan atau program olahraga yang diterapkan, berat badan bukannya turun malah terus menerus naik. Jika sudah begini, tentunya kalian bertanya-tanya, apa sih yang salah dengan program diet yang dilakukan? Mengapa sama sekali tidak berdampak pada berat badan kita? Nah, masalahnya mungkin berada pada liver kita. Ketika liver tidak berfungsi dengan baik, maka liver tidak bisa menyaring dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini kemudian akan menyebabkan racun menumpuk di sel-sel lemak. Akhirnya berat badan susah terkontrol, deh.
  4. Mudah alergi. Liver yang bekerja dengan baik akan menyaring darah dari molekul berbahaya. Sebaliknya, jika liver kita bermasalah, darah menjadi tidak tersaring dan semakin banyak zat yang masuk ke dalam aliran darah. Otak pun akan menganggapnya sebagai alergen dan mengeluarkan antibodi dan zat-zat yang bisa menyebabkan ruam-ruam gatal.

Itu dia beberapa pertanda bahwa liver kita bermasalah. Jika kalian menemukan tanda-tanda di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar tidak terjadi komplikasi, ya. Semoga membantu! (TR)

LEAVE A REPLY