Home Mobil

Cara Mudah Bersihkan Noda di Jok Berbahan Fabric

Yuk, bersihkan jok mobil berbahan fabric dengan cara mudah berikut ini!

42
0
SHARE

Bagi kamu yang sering menggunakan mobil pribadi sebagai truk angkutan barang—dalam artian kamu membawa banyak barang untuk kemudian diantar ke satu tempat ke tempat lain, bagian interior mobil pastinya menjadi sesuatu yang wajib dibersihkan. Hanya saja, bagaimana jika jok mobil di dalam kabin menggunakan bahan fabric, yang mudah kotor jika terkena noda?

membersihkan jok mobil
source : gridoto

Jangan khawatir, ada cara mudah yang bisa Anda coba. Cek caranya dalam artikel berikut ini, ya:

  1. Siapkan semua alat yang dibutuhkan. Mulai dari ember berisi air, sabun, sikat, kain lap kering, dan juga spons. Menyiapkan semua alat yang dibutuhkan akan membantu kamu lebih mudah ketika membersihkan jok nantinya. Jangan lupa tempatkan semuanya di area yang mudah dijangkau.
  2. Campurkan sabun dengan air hangat. Tuangkan sabun cair pada wadah air hangat lalu aduk sampai rata. Kamu bisa menggunakan sabun untuk cuci piring, sabun mandi, atau bahkan sabun untuk membersihkan mobil. Namun demikian, satu hal yang wajib dicatat: jangan menggunakan deterjen karena kandungan di dalamnya sangat keras dan bisa merusak bahan fabric.
  3. Bersihkan dengan sikat dan spons. Untuk membersihkan jok fabric yang ternoda, kamu bisa menggunakan sikat atau spons. Jika noda yang tertinggal cukup banyak dan susah dihilangkan, kamu bisa menyikatnya dengan menggunakan sikat. Namun, jika nodanya tidak terlalu banyak dan tidak membandel, cukup seka saja dengan spons yang sudah dicelupkan ke air sabun. Jangan lupa juga untuk membersihkan area di sela-sela pola jahitan jok, ya.
  4. Basahi kain lap kering dengan air bersih. Selesai menyikat jok, gunakan kain lap kering yang sudah dibasahi dengan air bersih untuk mengelap area yang bersabun. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan residu sabun yang menempel di permukaan jok. Jika didiamkan, biasanya bekas sabun ini akan meninggalkan bercak putih di bahan fabric jok.
  5. Jika sudah, jangan lupa untuk langsung mengeringkan area bernoda yang kini sudah bersih. Agar lebih cepat, kamu bisa mengeringkannya dengan bantuan hairdryer atau bahkan kipas angin.

Bagaimana, ternyata mudah kan membersihkan jok berbahan fabric? Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!