Home Liburan

Bunga Tabebuya Membuat Surabaya Bernuansa Jepang

Siapa sangka, Indonesia memiliki bunga yang tidak kalah indah dengan Bunga Sakura di Jepang, lho. Apalagi kalau bukan Bunga Tatebuya yang terdapat di Surabaya.

332
0
SHARE
Bunga Tatebuya Surabaya
source : IDNTimes

Siapa bilang Indonesia tidak memiliki tanaman yang seindah pohon sakura di Jepang? Jika Anda cukup rajin untuk mempelajari semua spesies flora yang ada di Indonesia, Anda pasti akan menemukan banyak sekali flora yang tak kalah menarik dari yang ada di luar negeri. Salah satunya yaitu Bunga Tabebuya di Surabaya yang saat ini sedang heboh diperbincangkan. Bahkan, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang rela menghabiskan malam dengan menginap di hotel di Surabaya demi bisa menikmati keindahan bunga tersebut.

Hmm, Anda juga mungkin sedang penasaran, sehebat dan sebagus apa sih memangnya bunga tersebut?

Bunga tabebuya adalah pohon yang ditanam oleh Walikota Surabaya, yaitu Ibu Risma, di sekitar jalan protokol Kota Pahlawan. Pertama kali ditanam pada tahun 2010 dengan tujuan membuat Kota Surabaya terlihat lebih asri. Namun, karena pohon ini berkembang dengan baik dan bagus, maka jumlahnya terus ditambah.

Pohon ini termasuk jenis yangmudah untuk dirawat. Namun, kebutuhan mataharinya sangat tinggi. Itulah sebabnya, pohon ini hanya bisa ditanam pada daerah tertentu yang tidak tertutup oleh gedung-gedung bertingkat. Selain itu, bunga yang dihasilkan oleh pohon ini menyerupai bunga sakura yang ada di Jepang. Maka tidak mengherankan jika pohon ini kemudian menjadi viral.

Selain di jalan protokol, sebenarnya ada beberapa wilayah lain yang juga memiliki tanaman ini. Namun, lokasinya yang terpencil dan tidak terlalu terlihat membuat banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Di Surabaya sendiri, sudah ada beberapa varian dari pohon ini yang dibedakan berdasarkan warna bunganya, yaitu pink, kuning, putih, dan juga ungu. Ibu Risma juga sedang mengupayakan perluasan penanaman dari bunga ini.

Sayangnya, keindahan bunga yang menyerupai sakura di Jepang ini hanya bisa dinikmati pada masa peralihan musim kemarau ke musim hujan. Artinya, jika Anda datang ke Surabaya tidak pada masa tersebut, Anda tidak akan bisa menikmati keindahannya dan hanya melihat pohonnya saja. Jadi, jika Anda tertarik untuk melihatnya langsung, pastikan untuk datang di waktu yang tepat, ya!