Home Mobil

Agar Aman, Begini Tips Berkendara yang Baik!

Untuk menghindari supaya tidak terjadi kecelakaan, begini tips mengendarai mobil yang baik.

76
0
SHARE

Selalu menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya memang sangat penting untuk Anda perhatikan. Mengapa? Sebab, jika ugal-ugalan ketika berkendara tanpa memerhatikan rambu lalu lintas, maka sangat berisiko menimbulkan kecelakaan. Sekalipun Anda memiliki asuransi kecelakaan terbaik, dimana akan menanggung seluruh biaya kerusakan pada saat terjadinya kecelakaan, namun bagaimana dengan Anda? Apakah luka-luka yang muncul di tubuh ditanggung pula oleh pihak asuransi? Tentu tidak, bukan?

tips aman berkendara
source : omah tips

Untuk itu, agar aman pada saat mengendarai kendaraan, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa tips berkendara yang baik. Apa saja? Yuks, langsung disimak pembahasannya di bawah ini.

  1. Pastikan selalu memakai sabuk pengaman. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman atau yang juga dikenal dengan seat belt ketika akan berkendara. Sabuk pengaman sendiri berfungsi untuk melindungi pengendara serta penumpang dari benturan apabila terjadi kecelakaan. Di samping itu, pengendara pun sangat diwajibkan untuk memakai seat belt ini, karena sudah diatur dalam Undang Undang.
  2. Cek kaca spion sebelum berkendara. Sebelum mulai berkendara, alangkah baiknya Anda mengecek posisi kaca spion, baik itu yang berada bagian depan maupun samping kanan kiri karena berguna untuk membantu pandangan Anda mengatur jarak dengan kendaraan di belakang maupun depan Anda. Pengecekan ini juga berfungsi untuk menentukan blind spot kendaraan Anda sendiri. Dan saat berkendara, Anda pun sangat dianjurkan untuk selalu melihat spion, ini bertujuan untuk mengatasi kelelahan pada bagian mata serta kewaspadaan dengan kendaraan di dekat Anda.
  3. Selalu konsentrasi ketika berkendara. Ketika mengemudi, patut bagi Anda untuk selalu menjaga konsentrasi apalagi ketika berkendara saat musim hujan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari supaya Anda tidak mengalami kecelakaan lalu lintas yang dapat membahayakan diri. Untuk itu, bila tengah berkendara, usahakan untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi Anda seperti misalnya memainkan handphone, makan, minum, dandan, dan lainnya.
  4. Berkendara dengan tenang dan patuhi rambu lalu lintas. Pastikan untuk selalu tenang saat mengemudikan kendaraan, karena melakukan ini sangat membantu ketika Anda berkendara di jalanan yang sangat padat. Dan jangan lupa untuk selalu patuhi rambu lalu lintas dimanapun Anda berada.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tips aman berkendara. Selalu berhati-hati, ya! –SH–