Home Properti

Bay Window, Jendela Timbul yang Sangat Unik dan Artistik!

Bay Window, salah satu konsep jendela yang menjorok keluar atau timbul. Keren banget, deh!

1418
0
SHARE
keunikan bay window
source : google

Pernah melihat jendela timbul? Hmm, jika ditanya, tidak menutup kemungkinan banyak di antara kalian semua langsung menjawab jarang, kan? Mengingat jendela bentuk ini memang sangat jarang digunakan di Indonesia. Meskipun begitu, memasang jendela timbul ini pada apartemen ataupun rumah dapat mempercantik tampilan eksteriornya, loh. Terlebih, diberi tambahan kusen UPVC yang mana harga kusen UPVC sekarang ini bisa dibilang cukup murah, tentu ini bisa menjadi nilai tambah untuk membuat rumah dan apartemen tampil cantik sempurna.

Adalah bay window, salah satu bentuk jendela yang menjorok keluar atau timbul. Maksudnya adalah jendela tersebut tidak segaris dengan bangunan utama apartemen maupun rumah sehingga terlihat lebih menonjol. Dekorasi jendela seperti ini sudah populer sejak tahun 1870an, di mana pada saat itu masyarakat lokal sangat senang dengan desain Victorian. Desain ini menggabungkan gaya tradisional dengan kontemporer serta modern, sehingga menghasilkan tampilan yang mewah, anggun, dan berkelas.

Biasanya, pemasangan bay window ini menghasilkan area cekung, area ini bisa dimanfaatkan untuk tempat meletakkan berbagai macam barang yang ada di dalam ruangan. Mirip dengan jendela biasa, bay window juga memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Membuat hunian terlihat makin cantik
  2. Bisa difungsikan untuk jalur sirkulasi udara
  3. Penghuni bisa melihat view yang sangat cantik dari dalam ruangan
  4. Mencegah panas yang dihasilkan oleh cahaya matahari
  5. Menambah kecantikan dalam hunian, sebab bisa dimanfaatkan untuk menaruh banyak barang ataupun furniture lepas seperti chaise lounge, sofa, bench, dan lainnya
  6. Menghadirkan pemandangan yang sangat bagus

Sekalipun memberikan banyak kelebihan, saat pemasangan bay window ini untuk hunian, ada baiknya harus mempertimbangkan orientasi bangunan. Tujuannya, supaya panas matahari tidak masuk ke dalam ruangan dan tidak menganggu kenyamanan saat berada di dalam ruangan. Bay window ini juga seringkali digunakan dalam desain rumah kaca yang menakjubkan. Jika berniat memasangnya setelah penggunaan jendela biasa, maka buatlah dengan perhitungan yang tepat terutama untuk bagian konstruksi kantilever. Agar semakin aman, jangan sampai lupa untuk menambahkan teralis ketika memasangnya. Selamat mengaplikasikannya di hunian Anda! –SH–