Home Tips & Trick

Tips Melindungi Kamera CCTV dari Serangan Hacker

Yuk, lindungi kamera cctv Anda dengan melakukan beberapa cara berikut!

87
0
SHARE

Kamera CCTV sebetulnya punya kegunaan utama sebagai pemantau objek atau kepemilikan Anda; mulai dari rumah, kendaraan, hewan peliharaan, sampai keturunan (anak). Pada tingkatan yang lebih serius, perangkat pengawas dari berbagai home security system Indonesia ini juga dapat digunakan sebagai alat bukti ketika kejahatan terjadi.

kamera cctv
source : tekno kompas

Sayangnya, kamera CCTV yang terkoneksi ke internet kerap kali jadi sasaran serangan hacker. Untuk melindungi kamera CCTV Anda dari potensi tersebut, simak tips berikut ini ya:

  • Perbarui firmware Firmware adalah setelan perangkat lunak yang digunakan kamera CCTV Anda untuk beroperasi. Bagian ini memiliki sensitivitas tinggi terhadap kerentanan dan dapat diperbarui ketika tanda-tanda serangan hacker terdeteksi olehnya. Maka dari itu, memperbarui firmware lewat situs produsen kamera menjadi langkah pertama untuk melindungi kamera CCTV dari serangan peretas.
  • Tambahkan kata sandi. Mayoritas kamera CCTV yang terkoneksi ke internet telah dilengkapi dengan fitur penambahan kata sandi. Sayangnya, banyak konsumen yang tidak mengetahui fitur ini dan membiarkan kamera pengawasnya beroperasi begitu saja, tanpa ada kata sandi. Padahal, kondisi ini cukup riskan untuk keamanan Anda di dalam rumah. Itulah kenapa Anda wajib menambahkan kata sandi pada kamera CCTV Anda setelah Anda menginstalnya. Yang paling penting, kata sandi itu harus kuat atau spesifik dan diganti secara periodik, ya.
  • Ganti nama dan kata kunci admin kamera. Tiap-tiap kamera CCTV yang terkoneksi ke internet sudah punya nama dan kata kunci admin bawaan produsen. Kedua hal ini harus segera Anda ganti juga setelah proses instalasi guna menghindari serangan hacker yang memanfaatkan nama dan kata kunci admin bawaan pabrikan. Untuk melakukan hal ini, Anda cukup mengunjungi situs produsen kamera, login ke akun admin Anda, kemudian mengganti username serta password Ingat poin sebelumnya: ganti dengan kata kunci yang spesifik.
  • Nyalakan enkripsi WPA2. WPA2 atau Wi-Fi Protected Access 2 adalah protokol keamanan nirkabel yang dirancang untuk mengamankan dan melindungi jaringan Apabila kamera CCTV Anda terkoneksi ke internet via nirkabel, Anda dapat mengaktifkan enkripsi WIPA2 untuk melindungi kamera dari serangan hacker.

Itulah dia beberapa tips melindugi kamera CCTV dari serangan hacker. Langkah-langkah di atas penting Anda lakukan agar Anda terhindar dari ‘kunjungan’ peretas melalui internet yang dapat melihat, mendengar, bahkan merekam aktivitas Anda via kamera CCTV tanpa sepengetahuan Anda. Terutama untuk area perusahaan di mana CCTV berperan penting untuk mendukung pengaturan akses kontrol keamanan gedung.

Sebab melalui rekaman CCTV inilah pihak berwenang bisa melakukan pengawasan apakah ada pelanggaran atau tidak atas akses kontrol yang telah ditetapkan.