Home Kesehatan

Sudah Tahu, Penyebab Nyeri pada Bagian Otot?

Suka nyeri di bagian otot? Yuk, cari tahu penyebabnya!

105
0
SHARE

Suka nyeri otot? Hati-hati karena apabila nyeri yang dirasakan sudah sangat parah dikhawatirkan malah susah untuk sembuh meski sudah beristirahat. Bahkan, tidak jarang, penderitanya akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kalau sudah begini, tentu perlu menjalani terapi tens, salah satu terapi yang memanfaatkan arus listrik untuk mengatasi nyeri yang muncul pada tubuh, seperti nyeri otot, misalnya.

penyebab nyeri otot
source : Alodokter

Terapi ini sangat aman karena diterapkan oleh para profesional medis dan telah dipraktikkan lebih dari 30 tahun oleh dokter, ahli kiropraktik, dan terapis fisik sebagai solusi pereda nyeri yang efektif. Lantas, kenapa sih otot bisa nyeri? Yuk, cari tahu penyebabnya!

  1. Asupan nutrisi kurang

Melansir Hello Sehat, salah satu penyebab nyeri otot adalah karena kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya saja, defisiensi vitamin D yang pada tingkatan parah bisa memicu terjadinya Osteomalasia. Kondisi yang dapat menyebabkan lemah otot, tulang terasa sakit, tulang lemah, dan lainnya.

Atas dasar inilah sangat disarankan untuk memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin D dan beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin B12, dan Omega 3.

  1. Olahraga tidak sesuai aturan

Berolahraga memang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, jangan sampai mengabaikan aturannya, ya. Aturan seperti apakah itu? Melakukan pendinginan dan pemanasan setelah dan sebelum berolahraga.

Meski terlihat sepele, tapi apabila tidak melakukannya, maka bisa saja nanti malah bisa mengalami cedera otot. Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan otot dengan berolahraga sesuai aturan.

  1. Melakukan aktivitas berat

Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga, misalnya memang baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tapi, jangan sampai melakukan aktivitas fisik yang berat, ya. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa menjadi penyebab nyeri otot, kaku, dan menimbulkan rasa sakit.

Ini terjadi karena selama melakukan aktivitas yang berat atau olahraga, kamu harus melakukan gerakan yang sama berulangkali tanpa adanya variasi. Padahal, otot sifatnya dinamis dan gerakannya harus ada variasi supaya tetap berfungsi dengan baik.

  1. Cedera, keseleo, dan memar

Nyeri otot pun bisa disebabkan karena cedera, keseleo, hingga memar. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa tidak nyaman, sakit, bengkak, hingga kram pada bagian otot. Misalnya, otot paha, otot punggung, otot kaki, dan lainnya.

Penyebabnya sendiri bisa karena tubuh terpelintir, jatuh, kecelakaan, dan lain sebagainya. Apabila mengalami hal ini, kamu bisa mengurangi rasa sakit dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, bila tidak kunjung sembuh langsung segera periksa ke dokter.

Itulah dia beberapa penyebab yang membuat otot terasa nyeri. Mengetahui penyebab nyeri pada bagian otot memang penting, tapi kamu juga wajib tahu kebenaran dibalik mengonsumsi daging kambing bisa memicu hipertensi. Apakah hanya mitos atau fakta?