Home Kesehatan

Sedang Jalani Proses Bayi Tabung? Hindari Makanan Ini, Ya!

Apakah Anda sedang menjalani program bayi tabung? Jika ya, hindari beberapa makanan ini, ya!

155
0
SHARE
proses bayi tabung
source : google

Melansir dari klikdokter.com, mengonsumsi makanan yang kurang sehat selama menjalani program bayi tabung atau dikenal dengan sebutan In Vitro Fertilization (IVF) ternyata dapat menurunkan kualitas sperma dan sel telur, loh. Oleh karena itu, untuk para calon Ibu dan Ayah yang sedang menjalani program bayi tabung disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang kurang sehat tersebut. Adapun makanannya adalah sebagai berikut:

  1. Fast Food

Siapa sih yang tidak suka makanan fast food atau lebih dikenal dengan makanan cepat saji? Semua orang mulai dari anak muda hingga dewasa tampaknya sangat menyukai makanan satu ini karena rasanya yang begitu lezat. Meski lezat, sayangnya, makanan ini harus dihindari saat menjalani program bayi tabung.

Alasannya karena mengonsumsi makanan cepat saji dapat merusak pankreas dan menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh naik. Di samping itu, fast food juga dapat memproduksi lemak jahat sehingga bisa memengaruhi kesuburan. Itulah sebabnya makanan satu ini harus dihindari saat menjalani program bayi tabung.

  1. Pemanis buatan

Selain fast food, makanan lain yang sebaiknya juga dihindari selama menjalani program bayi tabung adalah makanan yang mengandung pemanis buatan. Hal ini karena makanan tersebut dapat merusak insulin normal yang tersimpan di dalam tubuh.

Pemanis buatan biasanya bisa ditemukan pada makanan kemasan, makanan ringan, sirup, kecap, permen, hingga donat. Tentu saja, terlalu sering mengonsumsinya dikhawatirkan bisa menghambat keberhasilan program bayi tabung yang dijalani.

  1. Ikan bermerkuri tinggi

Mengonsumsi ikan selama program bayi tabung memang dianjurkan, tapi sebaiknya jangan mengonsumsi ikan yang tinggi merkuri, ya. Sebab ikan tersebut bisa menimbulkan racun di dalam tubuh dan efeknya malah tidak bagus untuk kesehatan.

Beberapa jenis ikannya seperti ikan todak, tuna, beraneka jenis kerang-kerangan, dan lainnya. Ada baiknya konsumsi ikan salmon karena merkurinya lebih rendah.

Selain beberapa makanan yang sudah dituliskan di atas, masih ada makanan lainnya yang juga sebaiknya tidak dikonsumsi selama menjalani program bayi tabung seperti cokelat, gorengan, makanan yang dibakar, keju, hingga telur setengah matang.

Semoga informasi di atas membantu, ya!