Home Tempat Wisata

Sedang di Jepang? Wisata ke Osaka Castle, Yuk!

Di Jepang sebenarnya ada banyak castle, tapi Osaka Castle adalah salah satu yang paling difavoritkan. Kenapa begitu ya? Cek di sini, yuk!

265
0
SHARE

Sebelum kamu pergi berwisata ke Jepang, kamu pasti akan mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk membantumu menyusun itinerary. Misalnya saja, rekomendasi tempat wisata di Osaka atau berbagai kegiatan menarik saat musim semi di Jepang. Kalau kamu sudah mencari informasi, pastinya kamu jadi gak kebingungan saat sudah sampai di Jepang karena sudah memiliki daftar tujuan.

osaka castle
source : Osaka Tickets

Nah, saat kamu mencari rekomendasi tersebut, salah satu tempat yang sering di sebut pastilah Osaka Castle. Sebenarnya, di Jepang ada banyak castle, tetapi Osaka Castle merupakan salah satu yang paling difavoritkan. Kenapa begitu ya?

Sejarah Singkat Osaka Castle

Osaka Castle atau Osaka-Jo dalam bahasa Jepang adalah sebuah kastil yang sangat bersejarah dan telah mengalami kehancuran serta pembangunan kembali hingga berkali-kali. Sebelum Osaka Castle dibangun, pada lahan ini sebelumnya terdapat sebuah kuil militer yang kemudian dihancurkan oleh Oda Nobunaga pada tahun 1580.

Setelah itu, Toyotomi Hideyoshi yang merupakan penerus Oda Nobunaga dan juga seorang samurai, membangun Osaka Castle pada tahun 1583. Saat itu, ini merupakan kastil terbesar dan dibangun dengan tujuan menyatukan Jepang dan kastil ini adalah ibukotanya. Sayangnya, Toyotomi Hideyoshi meninggal sekitar setahun setelah kastil selesai dibangun, dan kastil inipun diwariskan pada putranya, Toyotomi Hideyori.

Meskipun berhasil menghalau klan Tokugawa yang menyerang kastil ini di tahun 1614, sayangnya pada tahun 1615 Toyotomi Hideyori kalah dan Tokugawa berhasil mengambil alih kastil ini serta mengakhiri generasi Toyotomi. Tokugawa Hidetada kemudian membangun kembali kastil ini pada tahun 1620-an, sayangnya pada tahun 1665 menara utama kastil ini tersambar petir.

Setelah itu, kastil ini tidak lagi diperbaiki hingga pada tahun 1931. Pada saat perang dunia ke-2, kastil ini selamat dari kehancuran dan pada tahun 1997, kastil ini mengalami perbaikan besar-besaran. Saat ini, kastil ini berfungsi sebagai museum untuk mengenang sejarahnya.

Tips Berkunjung ke Osaka Castle

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi kastil ini, ada nih tips yang bisa kamu ikuti supaya kegiatan wisata jadi lebih menyenangkan:

  • Bawa buku atau notes. Untuk apa? Nah, untuk kamu yang belum tahu, hampir di setiap tempat wisata di Jepang disediakan stempel. Jadi, buku ini bisa kamu gunakan untuk kenang-kenangan bahwa kamu pernah ke lokasi ini. Jangan lupa, bawa juga saat kamu ke tempat wisata lain di Jepang ya.
  • Gunakan lift untuk naik. Daripada kamu harus kelelahan naik tangga, lebih baik kamu sabar mengantri untuk menggunakan lift ke atas. Dari atas nanti, barulah kamu gunakan tangga untuk menjelajahi seluruh area dalam kastil ini. Jadi, kamu gak akan terlalu lelah.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman. Sudah tahu kan kalau orang Jepang suka berjalan kaki? Jadi, saat kamu pergi ke Jepang kamu harus menggunakan alas kaki yang nyaman supaya bisa berjalan jauh tanpa masalah. Termasuk saat menikmati wisata di Osaka Castle ini.

Nah, selama kamu berada di Osaka Castle, kamu mungkin akan melihat tanda dilarang memotret. Pastikan untuk tidak melanggarnya ya. Jangan khawatir kamu gak punya kenangan, karena ada area khusus di mana kamu boleh berfoto sepuasmu di sini.