SHARE
pertama kali naik pesawat

Harga tiket pesawat yang semakin terjangkau membuat banyak orang lebih mudah memanfaatkan transportasi ini untuk bepergian. Ditambah lagi banyak paket asuransi travel murah untuk melindungi perjalananmu yang ditawarkan bersamaan dengan pembelian tiket pesawat. Namun, untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat mungkin akan merasa bingung.

Apalagi jika harus bepergian sendirian dan menghadapi semuanya sendiri. Untuk membantumu mempersiapkan diri, berikut ini adalah hal yang harus kamu ketahui dan lakukan, yaitu:

Datang lebih awal

Hal pertama yang harus kamu lakukan jelas datang lebih awal. Disarankan kamu datang paling telat satu jam sebelum jadwal penerbangan domestik dan dua jam sebelum penerbangan internasional. Akan tetapi, lebih baik jika bisa lebih awal. Tujuannya untuk mengantisipasi risiko antri check in yang bisa membuatmu terlambat naik pesawat jika datang terlalu mepet.

Siapkan dokumen

Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan di lokasi yang mudah diambil. Untuk kamu yang melakukan perjalanan dalam negeri, siapkan tiket yang sudah ditukarkan di loket check in dan KTP, sementara untuk perjalanan luar negeri siapkan tiket dan paspor.

Sesuaikan barang bawaan

Jika ada barang bawaan yang akan dibawa dalam bagasi, maka pastikan semuanya sudah dikumpulkan dalam satu tempat dan dikemas secara aman. Tidak hanya itu, perhatikan juga beratnya tidak melebihi batas maksimal berat yang ditetapkan oleh maskapai agar tidak terkena biaya tambahan.

Ketahui aturan maskapai

Ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh maskapai dan bersifat umum. Namun ada baiknya juga kamu mengetahui aturan maskapai yang akan kamu gunakan karena mungkin ada perbedaan. Kamu juga harus mengetahui kompensasi yang diberikan oleh maskapai saat terjadi delay agar kamu bisa mendapatkan hakmu.

Jangan pernah menyebut kata “bom”

Menurut Pasal 437 UU No. 1/2009 tentang Penerbangan, semua yang terkait informasi bom baik sungguhan atau bohong, merupakan tindakan melanggar hukum dan akan diproses dengan sanksi tegas oleh pihak berwajib.

Jadi, jangan pernah menyebut kata tersebut dengan maksud apa pun karena kamu bisa terkena masalah nantinya. Bahkan meskipun itu kamu sebutkan saat kamu sedang bermain game di ponselmu yang berkaitan dengan bom sekalipun, kamu tetap bisa terkena masalah. Jadi waspadalah dengan hal ini.

Segera gunakan sabuk pengaman

Ada baiknya kamu segera masuk ke antrean begitu ada panggilan penumpang untuk boarding ke pesawat yang kamu gunakan. Setelah masuk dan duduk, segera gunakan sabuk pengaman dan tetap tenang. Ikuti seluruh arahan petugas yang berwenang agar perjalanan berjalan lancar.

Semoga dengan tips di atas kamu bisa melalui pengalaman pertama kali naik pesawat dengan aman dan lancar, ya. Selamat menempuh perjalanan dan merasakan pengalaman baru!

Sumber gambar.

LEAVE A REPLY