Home Kecantikan

Perlukah Mengubah Skincare saat Usia Bertambah?

Apakah perlu mengubah produk skincare seiring pertambahan usia? Cari tahu jawabannya di artikel ini, yuk!

191
0
SHARE

Agar skincare yang digunakan dapat bekerja secara maksimal, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti penggunaan yang benar dan jenis yang tepat. Misalnya saja untuk produk eye cream lokal, meskipun terlihat mirip tetapi eye cream untuk kulit kering dan berminyak tentulah berbeda. Memilih jenis yang salah, tidak hanya membuat efektivitas kerjanya berkurang saja, tetapi juga berpotensi menimbulkan iritasi.

skincare wajah
source : farmaku

Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa menyesuaikan skincare yang digunakan dengan usia juga merupakan hal penting. Biasanya mereka akan mengganti skincare yang digunakan setelah beberapa periode.

Namun, benarkah hal ini perlu dilakukan? Berikut ini adalah penjelasannya menurut situs healthline.

Jenis kulit tidak akan berubah, meskipun usia kamu terus bertambah. Artinya ketika kamu memiliki kulit berminyak, maka hingga dewasa kulitmu akan tetap sama. Dan istilah “kulit menua” bukanlah mengindikasikan jenis kulit, melainkan kondisi kulit yang terjadi akibat faktor alami, yaitu bertambahnya usia.

Pada saat tersebut, produksi minyak akan melambat dan sel lemak yang membuat penampilanmu awet muda akan hilang. Bahkan, masalah kulit yang sama mungkin akan tetap kamu hadapi berapa pun usiamu. Baik saat kamu berusia 20 tahun, atau nanti saat usia 50 tahun. Penyebabnya adalah karena masalah tersebut terjadi akibat genetik dalam tubuhmu sehingga berapa pun usiamu.

Dalam situs paulaschoice.com juga disebutkan bahwa hingga saat ini belum pernah ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa perawatan kulit yang dilakukan harus disesuaikan dengan usia. Sebab, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang memperlihatkan berbagai masalah kulit yang dianggap sebagai penuaan dini, seperti:

  • Makanan yang dikonsumsi
  • Kebiasaan
  • Pemilihan kosmetik
  • Genetik

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu tidak perlu lagi khawatir kebingungan mencari skincare baru yang katanya ditujukan untuk usia dewasa ketika memasuki usia tersebut. Apalagi jika kamu memang sudah memiliki skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Tapi jika kebetulan kamu mencoba skincare yang ditujukan untuk usia dewasa saat kamu memasuki usia tersebut dan ternyata cocok, maka tidak ada masalah juga untuk menggunakannya. Yang terpenting adalah pastikan skincare yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulitmu dan perbaiki gaya hidup. Maka kulitmu akan tetap terlihat sehat dan awet muda berapa pun usiamu.

Semoga artikel di atas bermanfaat!