Home Kesehatan

Mengatasi Anxiety Disorder Pada Ibu Hamil

Anxiety disorder penyakit apakah itu? Yuk, cek ulasannya di bawah ini!

100
0
SHARE

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya cemas. Namun ketika rasa cemas ini terjadi secara berlebihan, pasti akan sangat mengganggu aktivitas keseharianmu. Apalagi jika yang kamu alami adalah anxiety disorder. Untuk kamu yang belum paham apa itu anxiety disorder, berikut ini penjelasan sederhananya.

anxiety disorder
source : popmama

Anxiety disorder adalah gangguan mental berupa rasa cemas, takut, dan khawatir yang berlebihan hingga cenderung mengganggu aktivitas keseharian. Pada kondisi tertentu, misalnya saja saat hamil, seseorang yang biasanya tidak mengalami masalah ini bisa mengalaminya karena berbagai hal, di antaranya:

  • Pengalaman keguguran yang pernah dialami oleh ibu hamil mungkin akan membuatnya merasa cemas akan mengalaminya pada kehamilannya yang sekarang.
  • Selain pengalaman diri sendiri, keguguran yang dialami oleh orang di sekitar juga bisa menimbulkan rasa cemas karena takut ikut mengalami hal tersebut.
  • Perubahan hormon dalam ibu hamil yang tidak stabil sehingga memengaruhi kondisi mentalnya.
  • Tekanan yang diterima oleh ibu hamil akibat situasi lingkungannya.

Kondisi ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena bisa menyebabkan masalah pada perkembangan janin maupun kesehatan fisik dan mental sang ibu sendiri. Seperti:

  1. Terjadinya preeklampsia
  2. Risiko kelahiran prematur
  3. Kekurangan gizi

Untuk mengatasi masalah gangguan kecemasan yang dialami oleh ibu hamil, sangat disarankan agar kamu dan pasangan melakukan konsultasi pada dokter kandungan dan juga dokter kejiwaan yang memang ahli di bidang ini. Namun, pengobatan ini tidak akan efektif jika tidak didukung oleh lingkungan sekitar. Agar semua usaha pengobatan yang dilakukan dapat berjalan lancar, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Diskusikan semua hal yang membuatmu merasa cemas pada suami
  • Buatlah lingkungan yang nyaman selama kehamilan (mintalah kerja sama suami dan juga keluarga untuk mewujudkannya)
  • Hindari membaca informasi apapun yang akan meningkatkan rasa cemas dan takut
  • Lakukan aktivitas menyenangkan bersama suami dan keluarga selama aktivitas tersebut tidak mengganggu kehamilan
  • Jika meraasakan sesuatu pada kehamilan, segera konsultasi pada dokter kandungan

Intinya adalah, kamu harus berada di suasana yang nyaman dan tenang selama kehamilan untuk bisa menyelesaikan permasalahan gangguan kecemasanmu. Semoga informasi di atas bermanfaat dan kehamilanmu berjalan lancar, ya!