Home Tips & Trick

Ingin Menikah di Hotel? Ini Cara Atur Budget Agar Hemat

Supaya hemat, begini tips mengatur budget jika memilih menikah di hotel. Terapkan, yuk!

118
0
SHARE

Siapa sih yang tidak mau menikah di aula 4 Stars Hotel in Jakarta? Jika ditanyakan, pasti hampir semua mempelai menginginkannya. Sebab menikah di hotel akan membuat pernikahan terasa semakin istimewa, mewah, dan pastinya nyaman.

menikah di hotel
source : unsplash

Namun, budget pernikahan di hotel yang cukup mahal membuat banyak yang harus mengurungkan niatnya. Padahal, ternyata kamu bisa loh mewujudkan impian menikah di hotel asal pintar mengatur budgetmu. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Undangan

Banyak orang yang mulai beralih menggunakan undangan virtual untuk acara pernikahannya dengan alasan menghemat. Memang, hal tersebut tidak salah. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa tamu yang merasa diundang melalui undangan tersebut tidak sopan?

Untuk mengatasinya tetapi kamu tetap bisa menghemat, kamu bisa mengombinasikan undangan virtual dengan undangan fisik. Hanya cetak undangan untuk tamu tertentu yang mewajibkan undangan fisik dan gunakan undangan virtual untuk sisanya. Pilih desain undangan yang murah tetapi tetap terlihat manis dan sederhana. Jadi kamu bisa menghemat tetapi undangan tetap enak dilihat.

  • Souvenir

Kamu pasti ingin memberikan souvenir pernikahan yang spesial untuk tamu undanganmu. Namun ada baiknya jika kamu memilih suvenir pernikahan yang sesuai dengan masa kini tetapi tetap masih dalam batas budgetmu. Carilah barang yang bermanfaat jangka panjang tetapi dengan harga yang terjangkau.

Jika mau, kamu bisa menyediakan souvenir khusus untuk beberapa orang yang kamu anggap spesial. Misalnya keluarga besar, sahabat, dan sebagainya. Tentunya menyediakan dalam jumlah khusus lebih hemat dibandingkan dengan kamu menyediakan untuk seluruh tamu undangan.

  • Makanan

Takut menjadi omongan orang karena kehabisan makanan membuat banyak orang memesan makanan jauh melebihi porssi yang dibutuhkan. Padahal hal tersebut salah dan justru hanya membuatmu mengeluarkan uang lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Perhitungan standar yang bisa kamu gunakan adalah, jumlah undangan dikali 2 untuk menghitung porsi buffet. Kamu bisa menambahkannya dengan jumlah anggota keluarga yang akan datang tanpa undangan jika jumlahnya cukup besar. Mengenai pondokkan, kamu bisa menghitungnya sesuai jumlah undangan yang disebar atau kurang dari itu. Tidak perlu khawatir jadi omongan jika pondokkan cepat habis, karena itu adalah hal yang wajar.

Hal lain yang penting yaitu, pastikan kamu memilih hotel dengan tarif yang sesuai budget dan juga ruang aula yang sesuai kapasitas tamu. Memang ruang aula yang luas bisa membuat tamu nyaman, tetapi artinya kamu harus membayar lebih mahal untuk sesuatu yang tidak perlu.