Home Kesehatan

Hal Seputar Menstruasi, Fakta atau Mitos?

Supaya kamu tidak salah dalam menyerap informasi, yuk, ketahui fakta dan mitos seputar menstruasi!

29
0
SHARE

Untuk kamu yang belum lama mengalami menstruasi, atau bahkan pertama kalinya, mungkin masih merasa bingung menghadapinya. Kamu mungkin akan takut, kurang nyaman, dan tidak percaya diri terutama saat beraktivitas. Sebenarnya, berbagai masalah tersebut bisa kamu atasi dengan menggunakan pembalut yang tepat, sehingga tetap membuatmu merasa nyaman.

menstruasi
source : Hermina Hospitals

Selain itu, kamu juga harus mengetahui bahwa ternyata tidak semua informasi seputar menstruasi yang kamu dapat adalah benar. Sebab, ada beberapa hal yang banyak dipercaya oleh masyarakat tetapi sebenarnya hanyalah mitos. Nah, supaya kamu tidak lagi salah menyerap informasi, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Tidak boleh keramas

Mitos. Berapa lama kamu menstruasi dalam satu periode? Bisa sekitar 5 bahkan hingga 10 hari kan? Coba bayangkan jika kamu tidak keramas selama periode waktu tersebut, pasti raasanya tidak nyaman dan tentunya bisa menjadi sumber penyakit baru.

  • Menghindari makanan asin

Fakta. Melansir dari situs orami.co.id, makanan dengan rasa asin berlebihan dapat memperparah rasa kram pada perut saat menstruasi. Selain itu, juga meningkatkan kemungkinan kembung atau penumpukkan air pada seseorang yang sedang menstruasi. Tentunya bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan garam dalam masakan, tetapi dalam batas yang sewajarnya saja.

  • Tidak boleh berenang

Mitos. Banyak yang takut berenang saat menstruasi dapat mencemari air kolam renang. Padahal, tekanan air dapat menghalangi keluarnya darah menstruasi saat berenang. Meskipun begitu, jika kamu memang merasa tidak nyaman atau menstruasi sedang deras-derasnya, tidak ada salahnya menghindari aktivitas ini atau menundanya ke waktu lain setelah menstruasi selesai.

  • Mengonsumsi soda untuk melancarkan menstruasi

Mitos. Sudah pernah dilakukan penelitian mengenai hal ini dan hasilnya adalah tidak ada kaitannya antara minuman bersoda dengan kelancaran menstruasi. Jika memang menstruasi tidak lancar, maka cara yang bisa kamu lakukan adalah rutin berolah raga, mengelola stres, dan menjaga berat badan.

  • Bekerja terlalu keras

Fakta. Saat menstruasi kamu memang tetap harus aktif bergerak dan disarankan untuk rutin berolah raga. Meskipun begitu, kamu tidak boleh melakukan aktivitas atau bekerja terlalu keras, apalagi jika sering mengalami masalah kram perut berlebihan selama menstruasi. Sebab kondisi ini bisa semakin parah jika kamu bekerja terlalu keras.

  • Rutin membersihkan vagina

Fakta dan Mitos. Sebagai area tempat keluarnya darah, tentu saja kamu harus selalu menjaga kebersihan vagina selama menstruasi. Tidak harus menggunakan sabun untuk area kewanitaan, kamu juga bisa membersihkannya dengan menggunakan air bersih. Namun, lakukan hanya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Sebab jika kamu melakukannya terlalu sering, justru bisa menyebabkan iritasi pada area tersebut.

Apa ada hal yang kamu percayai seputar menstruasi dan ternyata cuma mitos? Yuk, bagi pengalamanmu supaya lebih bermanfaat bagi pembaca lainnya!

LEAVE A REPLY