Home Berita

Beragam Pekerjaan dalam Dunia Aviasi yang Perlu Kamu Tahu!

Sudah tahu pekerjaan pada dunia aviasi? Jika belum, yuk, cari tahu di bawah ini!

547
0
SHARE
profesi dunia aviasi
source : lifepal

Bagi orang awam, profesi di dunia aviasi atau penerbangan adalah mereka yang bekerja dalam kabin seperti penerbang pesawat (pilot) atau pramugari dan pramugara maskapai. Padahal, sektor aviasi itu memiliki cakupan yang begitu luas. Untuk menerbangkan satu pesawat saja, ada banyak sekali ahli yang terlibat. Lalu, apa saja, sih, jenis-jenis pekerjaan yang ada dalam dunia aviasi?

Cari tahu lebih lanjut, yuk!

  • Air traffic controller. Air traffic controller (ATC) atau pengatur lalu lintas udara adalah orang-orang yang bertugas untuk memantau dan mengarahkan pergerakan pesawat di darat—sebelum dan sesudah lepas landas—juga di udara. Selain itu, petugas ATC juga merupakan pihak yang mengeluarkan instruksi pendaratan juga lepas landas kepada pilot sampai berkomunikasi dengan awak penerbangan kalau-kalau ada situasi bahaya.
  • Mekanik pesawat. Kalau montir adalah mereka yang memasang, memperbaiki, serta menguasai mesin kendaraan bermotor, maka mekanik pesawat adalah mereka yang memahami betul seluk-beluk mesin pesawat terbang. Menurut Southern New Hampshire University, profesi ini bertanggung jawab atas keselamatan awak pesawat juga penumpang dari sisi kelistrikan dan mekanika armada pesawat terbang. Mereka ini adalah orang-orang yang memeriksa, mendiagnosis, juga memperbaiki masalah listrik dan mekanik pesawat terbang.
  • Manajer bandara. Manajer bandara bertanggung jawab atasa pekerjaan-pekerjaan di balik layar bandara. Beberapa job desk-nya meliputi pemeliharaan dan keselamatan lapangan terbang, manajemen kapasitas bandara dan udara, juga penjadwalan maskapai.
  • Aviation security (Avsec). Aviation security (Avsec) atau juga biasa disebut Transportation security screener merupakan orang-orang yang bertugas untuk menyaring penumpang, bagasi, pun kargo untuk memastikan semuaya tetap sesuai dengan regulasi keamanan penerbangan internasional.
  • Airfield operation specialist. Airfield operation specialist atau ahli operasi lapangan udara atau adalah pihak yang bertugas untuk membantu memastikan tingkat keamanan lepas landas dan mendarat sebuah pesawat. Tak hanya itu, profesi ini juga bertanggung jawab untuk mengoordinasikan kontrol lalu lintas udara (ATC) dan personal pemeliharaan untuk menerapkan prosedur keselamatan lapangan terbang (runway).
  • Aeronautical engineer. Alih-alih bekerja dari sebuah bandara, seorang aeronautical engineer akan memiliki tempat kerja di gedung atau pabrik pesawat terbang—seperti Airbus atau Boeing. Sebab, profesi ini merupakan orang-orang yang memiliki peran penting terhadap desain, analisis, pengembangan, juga pembuatan pesawat terbang.

Nah, itulah dia beberapa profesi dalam dunia aviasi yang perlu kamu tahu. Apakah ada satu pekerjaan yang menarik minat kamu? (AP)