Home Kesehatan

Beberapa Kebiasaan yang Bisa Mencederai Tulang Belakang

Kebiasaan sederhana yang kerap dilakukan ternyata dapat mencederai tulang belakang, loh. Hati-hati, ya!

102
0
SHARE

Tulang belakang merupakan salah satu bagian dari tubuh yang juga perlu untuk diperhatikan, mengingat ada banyak kelainan dan hal yang dapat mencederainya. Salah satunya adalah skoliosis, yakni sebuah kondisi kelainan tulang belakang dari yang seharusnya lurus menjadi melengkung ke samping kanan, kiri, atau keduanya hingga membentuk huruf “s”. Hanya saja, skoliosis ini dapat ditangani dengan rutin menjalani perawatan skoliosis.

cedera tulang belakang
source : halodoc

Nah, melansir dari Reader’s Digest dan juga Klikdokter, selain kelainan tulang belakang, ada pula kebiasaan yang tanpa sadar dilakukan dan ternyata dapat mencederai tulang belakang, berikut beberapa di antaranya:

  1. Olahraga berlebihan. Meskipun banyak manfaatnya, olahraga sebaiknya dilakukan secukupnya saja. Pasalnya, olahraga secara berlebihan justru dapat mengganggu kinerja tubuh, salah satunya adalah tulang belakang. Beberapa jenis olahraga, seperti bersepeda atau angkat beban, berisiko melukai tulang punggung jika dilakukan secara berlebihan. Untuk itu, atur jam olahraga Anda dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai aktivitas.
  2. Merokok. Tidak banyak yang tahu bahwa merokok juga dapat memengaruhi tulang belakang Anda karena degenerasi. Meskipun seolah tak berdampak langsung pada kesehatan tulang, ternyata merokok dapat menghambat sirkulasi dan menyulitkan tulang untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, sebelum terlambat, yuk mulai kurangi aktivitas merokok Anda.
  3. Postur duduk yang buruk. Postur duduk sebaiknya mulai diperhatikan dari sekarang. Sebab seiring bertambahnya usia, tulang belakang dapat mengeras dan postur duduk yang buruk dapat memperparah masalah ini. Alhasil tulang belakang akan sering terasa sakit karena cakram yang terganggu. Mulai sekarang, yuk perbaiki posisi duduk tegak yang benar serta tidak membungkuk!
  4. Mengangkat beban berat. Untuk Anda yang terbiasa mengangkat beban berat, ada baiknya perhatikan kondisi tulang belakang Anda sejak sekarang. Beban yang dimaksud di sini tak hanya barang-barang yang berat, lho, tetapi juga termasuk anak. Jika posisi memanggul atau menggendong anak sudah benar, maka tulang belakang pun tidak akan terasa nyeri. Akan tetapi, jika posisi menggendong salah, maka bukan tidak mungkin jika bahu dan pinggang kerap terasa sakit.

Itu dia beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan nyeri pada tulang belakang. Jika Anda mengalami salah satunya, sebaiknya langsung hubungi dokter untuk ditindaklanjuti, ya. Semoga bermanfaat!