Home Mobil

Bagaimanakah Proses Pengajuan Kredit Mobil Bekas?

Berencana kredit mobil bekas? Yuk, ketahui dulu beberapa proses pengajuannya!

159
1
SHARE

Ketika berencana untuk membeli mobil bekas, banyak yang masih bingung mengenai prosedur pengajuan kreditnya. Sebab, berbeda dengan mobil baru di mana pengurusannya akan dibantu oleh dealer, pada mobil bekas Anda harus mengurusnya sendiri. Namun tenang saja, pada dasarnya pengurusan pengajuan tersebut tidak berbeda kok. Bahkan di mana pun domisili Anda, prosesnya tetap sama. Baik saat Anda mengajukan kredit mobil bekas Bandung, Jakarta, Semarang, maupun daerah lain sesuai domisili Anda.

kredit mobil
source : google

Nah, jika Anda berencana untuk mengajukan pembelian mobil bekas secara kredit, berikut ini beberapa langkahnya:

  • Mobil yang akan dibeli

Jelas saja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari mobil yang akan dibeli. Namun, sebelum melakukannya pastikan Anda sudah melakukan analisa keuangan terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda bisa menentukan budget maksimal untuk membayar keseluruhan uang muka dan juga cicilan bulanan nantinya. Anda bisa memanfaatkan fasilitas simulasi kredit yang ada pada website lembaga pembiayaan atau situs jual beli mobil untuk mempermudah Anda menghitung.

  • Lokasi pembelian

Jika Anda ingin segala sesuatunya praktis, termasuk pengajuan kredit, maka bisa memanfaatkan showroom atau situs jual beli mobil bekas saat mencari mobil. Sebab biasanya mereka sudah bekerja sama degan lembaga pembiayaan sehingga Anda hanya tinggal menyiapkan uang muka yang harus dibayar dan juga dokumen yang diperlukan. Sementara, jika Anda membeli secara individu maka Anda harus mencari sendiri lembaga pembiayaan yang akan digunakan. Keuntungan lain membeli mobil dari situs jual beli mobil bekas adalah, penjual sudah membereskan semua hal tentang mobilnya terlebih dahulu sebelum dipasarkan agar mobil yang dijual cepat laku. Sebab situs jual beli akan melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil dan dokumen sebelum pemasangan iklan, jadi kualitasnya terjamin.

  • Lembaga pembiayaan

Poin ini berlaku jika Anda berencana untuk membeli pada perorangan dan mencari sendiri lembaga pembiayaan yang ingin digunakan. Hal yang perlu diketahui adalah, selain dari kondisi mobil, beberapa lembaga pembiayaan juga mempertimbangkan brand mobil bekas yang akan dijaminkan. Itulah sebabnya, sangat disarankan jika Anda menjelaskan secara detail bagaimana kondisi mobil, termasuk brand dan jenis mobil, saat mencari lembaga pembiayaan. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu membuang waktu dan bisa mencari lembaga pembiayaan lain jika memang kondisi mobil tidak memenuhi persyaratan kredit di sana.

  • Dokumen

Mengajukan kredit di mana pun, pastinya membutuhkan dokumen sebagai persyaratan. Pastikan bahwa Anda menyiapkan semua dokumen secara lengkap saat mengajukan kredit. Dokumen yang dibutuhkan yaitu KTP (Suami dan Istri jika telah menikah), Surat keterangan kerja dan slip gaji (bagi karyawan), rekening koran tabungan selama beberapa periode. Tentunya, pastikan juga bahwa permintaan pokok kredit Anda berada dalam nominal yang mampu Anda bayar. Dengan begitu, proses approval dapat berlangsung lebih cepat.

Pada dasarnya, proses kredit untuk mobil baru dan bekas sama saja. Hanya mungkin akan ada perbedaan pada suku bunga yang dibebankan pada Anda. Namun tentunya bukan masalah, karena harga mobil yang lebih murah sehingga nominal cicilannya juga akan tetap terjangkau.

1 COMMENT

Comments are closed.