Home Kesehatan

Bagaimana Cara Mencegah Hipertensi si Pemicu Komplikasi?

Ini dia cara mudah mencegah hipertensi si pemicu komplikasi

112
0
SHARE
mencegah hipertensi
source : Lifepack

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah atau denyut jantung seorang individu lebih tinggi dari ambang normal manusia seumurannya. Kondisi yang diawali oleh penyempitan pembuluh darah atau gangguan lainnya ini bisa jadi pemicu komplikasi jika tidak dikontrol dengan baik. Untuk itu, yuk cari tahu bagaimana cara mencegah hipertensi dalam kelanjutan artikel ini!

  • Mengurangi asupan garam

Salah satu penyebab naiknya tekanan darah seseorang adalah konsumsi garam atau natrium yang terlalu banyak. Untuk itu, cara pertama untuk mencegah hipertensi dapat Anda lakukan dengan mengurangi asupan garam atau natrium. Penting juga Anda ketahui bahwa asupan garam ini bukan hanya dari garam meja atau garam dapur, ya, melainkan juga makanan kaleng, makanan kemasan, makanan olahan, makanan beku, makanan ringan, hingga makanan cepat saji.

  • Menjaga berat badan ideal

Tahukah Anda bahwa orang obesitas punya potensi terkena hipertensi yang lebih tinggi? Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang dengan kelebihan berat badan punya potensi terkena hipertensi 2–6x lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak obesita. Lebih dari 25% kasus hipertensi pada pria maupun wanita juga diderita oleh orang obesitas. Maka dari itu, menjaga berat badan ideal bisa jadi cara lain untuk mencegah hipertensi.

  • Membatasi asupan alkohol dan kafein

Selain garam, alkohol dan kafein juga merupakan penyebab lain naiknya tekanan darah seseorang. Yang tidak kalah penting, alkohol pun memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Tentunya, hal ini bisa memicu kenaikan berat badan juga. Menurut laman Hello Sehat, kafein ini bukan hanya terdapat dalam secangkir kopi semata, tapi juga teh, minuman bersoda, juga minuman energi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi konsumsi alkohol serta kafein jika tidak ingin terkena hipertensi.

  • Berhenti merokok

Apakah Anda seorang perokok aktif? Jika iya, inilah saatnya untuk berhenti merokok. Sebab, kebiasaan satu ini bisa juga menaikkan tekanan darah dan denyut jantung. Semakin lama dan sering Anda melakukannya, tentu akan semakin cepat pula Anda berisiko terkena hipertensi yang bisa berkomplikasi jadi stroke dan serangan jantung.

Di luar keempat hal di atas, Anda juga bisa mengelola stres, berolahraga secara rutin, juga makan sehat dan seimbang sebagai cara mencegah hipertensi. Semoga informasi dalam artikel ini berguna buat Anda, ya.