Home Teknologi

5 Hal yang Akan Anda Dapatkan Jika Menggunakan SD-WAN

Yuk, gunakan SD-WAN dan dapatkan beberapa manfaat berikut!

107
0
SHARE

Software-defined wide area network atau SD-WAN merupakan jaringan yang dapat menyederhanakan manajemen dan pengoperasian WAN karena kebolehannya untuk memisahkan perangkat keras jaringan dari mekanisme kontrolnya (Wikipedia.org). Artinya, pengguna teknologi mutakhir ini dapat memiliki konektivitas berkualitas tinggi serta visibilitas yang baik.

SD-WAN
source : google

Selain kedua hal ini, berikut 5 hal lain yang akan Anda dapatkan jika mulai menggunakan jaringan ini.

  1. Mengadopsi layanan cloud. Dalam dunia jaringan, layanan cloud merupakan sebuah metode komputasi atau penyimpanan data di internet. Artinya, seluruh data di laptop, komputer, tablet, sampai desktop Anda terpendam di internet. Nah, pemanfaatan layanan ini oleh SD-WAN memungkinkan Anda selaku pengguna untuk mengakses data-data tersebut dengan lebih cepat dan aman.
  2. Menghemat pengeluaran Anda. Jaringan atau konektivitas “di bawah” software-defined WAN memang ada Tak menutup kemungkinan pun harga-harganya lebih murah daripada jaringan berbasis perangkat lunak ini. Akan tetapi, software-defined WAN dapat menghemat pengeluaran jaringan internet Anda dengan cara “membuang” koneksi MPLS yang kurang efisien.
  3. Mencegah terkunci dalam satu Terkuncinya konektivitas perangkat-perangkat elektronik pada satu jaringan tunggal pasti akan menggangu kinerja semua pengguna. Sebab, data-data dalam jaringan itu bias tak dapat diakses. Untuk itu, sepatutnya Anda tidak hanya menggunakan satu jaringan tunggal, terutama untuk kebutuhan konfidensial. Nah, jaringan software-defined WAN dapat memanfaatkan berbagai operator dan jenis layanan, seperti modem kabel dan layanan broadband DSL, Ethernet, LTE, sampai MPLS. Jadi, teknologi ini dapat mencegah perangkat Anda terkunci dalam satu jaringan tunggal.
  4. Memungkinkan Anda memakai semua Seperti yang sudah diulas di poin sebelumnya, software-defined WAN dapat menggunakan berbagai jaringan operator. Artinya, Anda memiliki kebebasan untuk mengganti dari satu koneksi ke koneksi (atau satu operator ke operator lain) selama menggunakan jaringan ini. Jadi, semua koneksi Anda dapat terpakai dengan maksimal.
  5. Membantu kinerja Meski dikategorikan sebagai jaringan, software-defined WAN tidak hanya mampu menyambungkan Anda dengan data dan aplikasi di cloud lewat internet, lho. Sebab, jaringan ini juga dapat mengatasi pelambatan kinerja aplikasi lewat program yang sudah diatur terlebih dahulu. Jadinya, pengalaman menggunakan aplikasi Anda akan lancar terus.

Itulah dia 5 hal yang akan Anda dapatkan apabila memanfaatkan teknologi SD-WAN. Tertarik untuk segera menggunakannya?